Ato Basahona Share

follow us

Tidak Ada Alasan Menulis Itu Sulit

Saya sering menjawab pertanyaan dari teman-teman ketika bertanya tentang tips agar dapat menulis dengan baik, salah satu jawab saya yaitu cara menulis itu mudah jadi tidak ada alasan untuk mengatakan sulit. Kita setiap hari menulis, mulai dari pesan singkat di handphone sampai pesan-pesan di media sosial. Bisa saja sehari kita menulis seperti contoh yang saya sebutkan di atas hingga 100 – 1000 kata. Bayangkan saja jika sehari, sadar atau tidak, kita dapat menulis sebanyak itu.

Jumlah kata dalam buku perdana saya yang berjudul “ Rampai Coretan Kehidupan” berjumlah sekitar 27.000 kata. Jika sehari kita menulis 1000 kata hingga menjadi banyak kalimat maka sebulan kita dapat membuat satu buku.

Pertanyaannya, darimana kita mendapatkan ide untuk konsisten hingga rajin menulis ?

Semua yang ada di lingkungan sekitar kita dapat dijadikan inspirasi untuk menulis. Misalnya aktivitas kita sehari-hari, perjalanan yang kita lakukan, apa yang kita rasakan atau pengalaman orang lain dan apa yang kita pikirkan saat ini juga. Hal ini sudah sering anda lakukan saat menulis status di media sosial, tinggal di arahkan menjadi tulisan yang baik dan bukan hanya untuk status semata.

Lihat juga :

4 Tips Bagi yang Mulai Senang Untuk Menulis

3 Tips Sederhana Mengembalikan Semangat Untuk Menulis

Membaca Novel Untuk Menulis Novel

Segera Menulis Ketika Mendapatkan Ide

Cara Mudah Menjadi Penulis yang Layak untuk Dicoba

Buku perdana saya merupakan kumpulan tulisan-tulisan yang dibukukan. Semua tulisan saya simpan secara baik dan ketika telah banyak kemudian dibukukan. Saya juga menulis status di media sosial tapi selain itu, saya juga membuatnya menjadi baik dalam file saya atau blog pribadi. Nah, anda juga dapat melakukan hal itu.

Menulis saja, jangan takut tulisan kita tidak bagus sebab itu masalah nanti, disaat kita telah terbiasa menulis maka dengan sendirinya akan semakin baik kumpulan kata-kata kita dalam narasi kita sendiri. Mulailah saat ini juga dengan konsisten jika anda berniat untuk menulis bahkan jadi penulis. Apakah anda masih berpikir menulis itu sulit ?

You Might Also Like :