Cara Mudah Menjadi Penulis yang Layak untuk Dicoba

Cara Mudah Menjadi Penulis yang Layak untuk Dicoba

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang tips atau cara mudah menjadi penulis saat ini yang dapat anda coba terapkan mulai dari sekarang. Terutama anda yang berkeinginan untuk menjadi seorang penulis. Untuk menjadi seorang penulis saat ini menurut saya tidak sesulit pada zaman dahulu yang membutuhkan banyak sekali penilaian naskah buku, novel, cerpen dan lain-lain agar dibukukan.

Saat ini telah terdapat banyak sekali penerbit Indie yang dapat membantu anda untuk mencapai cita-cita menjadi penulis. Salah contoh penerbit indie yaitu Jejak Publisher yang telah menerbitkan buku perdana saya.

Baca :

Penerbit Buku Jejak Publisher Memberikan Sertifikat Penulis

Untuk menjadi penulis, anda dapat mencoba cara-cara dibawah ini :

1. Mulailah menulis

Hal pertama untuk menjadi penulis ya menulis hehe, mulailah menulis apa saja, baik itu aktivitas anda keseharian atau suatu pemahaman konsep yang anda pahami sesuai disiplin ilmu anda sebab terdapat buku dengan kategori antologi atau gabungan tulisan. Nah, dari semua tulisan-tulisan yang telah anda tulis dapat dijadikan sebuah buku antologi nantinya.

Lihat juga  :

Segera Menulis Ketika Mendapatkan Ide

Menulislah Dari Hati Maka Tulisan Akan Menarik Dengan Sendirinya

2. Simpan semua tulisan anda dengan baik

Setelah anda menulis, jangan lupa untuk disimpan, baik di laptop, CD atau di email anda. Mengamankan semua naskah tulisan anda merupakan hal yang sangat penting agar sewaktu-waktu dapat mau dibukukan anda dengan mudah membuatnya menjadi satu naskah yang siap menjadi buku.

Hal ini perlu diperhatikan sebab pengalaman saya, pernah seorang teman hanya menyimpan hasil skripsi sebagai persyaratan sarjana di laptop dan suatu ketika terjadi banjir pada tempat tinggalnya, laptop terendam air dan rusak total maka hilang juga hasil skripsinya dan itu merupakan hal yang sangat berat untuk dihadapi.

3. Berkomunikasi dengan penerbit

Tulisan sudah siap bahkan telah menjadi naskah, maka hal terakhir yang harus anda lakukan yaitu berkomunikasi dengan penerbit yang ada. Dapat melalui rekomendasi teman atau berdasarkan hasil pencarian anda sendiri terkait penerbit.

Untuk menjadi penulis sekali lagi tidak sesulit yang anda pikirkan, mulailah belajar dan menulis hingga semua tulisan anda siap dibukukan dan anda meraih cita-cita sebagai penulis.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar