Ato Basahona Share

follow us

Wisata Baca di Toko Buku Saat Libur

Wisata Baca – Saya menyebut wisata baca dengan alasan kegiatan yang dilakukan saat bertepatan dengan hari libur, saat sebagian orang memilih untuk berwisata ke pantai, gunung atau alam saya lebih memilih melakukan wisata baca buku di toko buku sekaligus membeli memberapa buku untuk dibawa pulang.  Lama tidak berkunjung ke toko buku untuk membaca dan membeli buku mengadirkan rasa rindu yang tiba-tiba hadir pada hari Minggu saat libur. Teringat di masa lalu saat masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi, toko buku merupakan tempat yang sering saya kunjungi hampir setiap hari karena salah satu hobi saya selain nonton dan menulis adalah membaca. Namun, setelah memasuki dunia kerja, rutinitas membaca di toko buku ini mulai berkurang bahkan sangat jarang saya lakukan.

Bertepatan dengan hari libur dan rindu akan membaca di toko buku, tepat sekitar pukul 13.00 Wita saya pergi ke toko buku yang sering saya kunjungi untuk membaca dan melihat beberapa buku menarik untuk dibeli. Setibanya di toko buku, seperti biasanya berjalan dari rak satu ke rak lain sambil melihat-lihat buku yang dapat menarik perhatian mata dan hati ini untuk membaca dan membeli. Begitu melewati beberapa rak buku, saya melihat buku yang sangat menarik dengan judul “ Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan” penulis M.L Jhingan. Saya sangat tertarik dengan buku tersebut sebab memiliki rencana untuk membangunan usaha di masa yang akan datang. Buku ini menjadi salah satu referensi yang penting bagi saya untuk belajar dan memahami secara teoritis dalam membangun ekonomi sekaligus merencanakan apa yang akan dilakukan nantinya sesuai dengan kenyataan terjadi.

Beberapa menit membaca topik-topik penting terkait teori ekonomi dan perencanaan, saya pun memegang buku tersebut dan berjalan kembali menyusuri setiap rak buku sambil melihat buku yang menarik lainnya. Melewati beberapa rak buku saya kembali melihat buku yang menarik lainnya yaitu tentang “Manajemen Pertanian”, “ wah lengkap sudah hari ini memiliki dua buku tersebut” berkata saya dalam hati. Hal ini sesuai dengan tujuan rencana saya kedepan untuk memulai usaha di bidang Pertanian.

Melakukan kegiatan wisata pada prinsipnya dapat dilakukan dimana saja selama tujuannya tercapai yaitu senang dan baagia. Berwisata merupakan kebutuhan primer manusia dimana selama rutinitas kehidupan berlangsung kita dianjurkan meluangkan waktu untuk berwisata dengan tujuan merefresh kembali pikiran dan jiwa yang disibukkan dengan pekerjaan, dengan begitu hati menjadi senang dan bahagia.

Berwisata bagi saya dapat dilakukan dimana saja selama orang tersebut merasa senang, salah satunya wisata baca sebab salah satu tujuan wisata adalah menambah pengetahuan. Bagi yang telah berkeluarga juga dapat melakukan hal ini dengan mengajak keluarga untuk berwisata ke tempat bersejerah yang berada di alam, dengan begitu selain menikmati pemandangan alam kita juga dapat menambah pengetahuan. Oleh karena itu jangan heran jika kita melihat kegiatan wisata yang dilakukan pada negara berkembang cenderung lebih bersifat menambah pengetahuan, salah satunnya membaca di taman-taman bunga atau berwisata ke museum sejarah dan kebun binatang.

Mari budayakan melakukan wisata bukan hanya untuk bersenang-senang tapi juga menambah pengetahuan dengan begitu kita mendapatkan 2 manfaat sekaligus. Apalagi yang memiliki keluarga dan anak-anak, hal ini dapat menambah pengetahuan anak dalam memori pikiran mereka.

You Might Also Like :