Belajar Cara Arbitrase Peluang Perbedaan Harga Pasar Bitcoin atau Altcoin

Belajar Cara Arbitrase Peluang Perbedaan Harga Pasar Bitcoin atau Altcoin

Belajar Cara Arbitrase Peluang Perbedaan Harga Pasar Bitcoin atau Altcoin – Pada bulan November 2017 saya mulai belajar bisnis trading bitcoin (btc) kepada salah seorang teman yang telah cukup lama menggeluti dunia bitcoin. Hingga saat ini saya terus menjalani bisnis yang menurut saya sangat menjanjikan jika kita telah familiar memahami pergerakan pasar dari tiap koin yang ada.

Seiring waktu berjalan dalam menjalani dan terus mempelajari bisnis ini karena saya sendiri dapat dikatakan orang baru, saya berkenalan dengan seorang teman bernama Nain yang memiliki strategi lain dalam bermain atau berbisnis bitcoin yang disebut Arbitrase. Saya mulai mengenal dan belajar cara melakukan Arbitrase dari dia.

Pengertian Arbitrase

Arbitrase adalah kegiatan penjualan bitcoin atau altcoin pada pasar ( Exchanger) yang berbeda. Misalnya kita membeli koin di pasar A dengan harga yang murah dan menjualnya ke pasar B sebab harga koin tersebut cukup tinggi di pasar B, begitu pula sebaliknya. Tapi untuk sementara saat ini kami hanya membeli altcoin dari pasar Indonesia atau VIP Bitcoin dan menjualnya ke pasar luar saat harga naik sebab untuk melakukan deposit di pasar luar negeri memerlukan banyak persyaratan administrasi selain itu juga menggunakan mata uang dollar.

Teman saya Nain membuat sebuah tools dari microsoft excel dengan script web yang update otomatis per 1 menit sehingga kami dapat langsung memantau perubahan harga antara pasar Indonesia dan pasar luar negeri tanpa harus melihat langsung ke pasar-pasar tersebut. Tapi jika anda tidak memiliki tools seperti ini, tidak perlu bingung sebab banyak juga orang-orang yang melihat langsung pergerakan pasar-pasar yang ada.


Pasar ( Exchanger) yang terdapat pada tools antara lain :

1. VIP ( pasar Indonesia)

2. Bittrex

3. Poloniex

4. HitBTC

5. Binance

6. Cryptopia

7. Yobit

Cara Melakukan Arbitrase

Cara melakukan arbitrase cukup mudah yaitu kita memantau koin mana yang tinggi harganya di pasar luar. Standar aman agar memperoleh untung yaitu pada angka 3 persen (%) dengan ditandai berwarna hijau (hal ini berlaku pada tools yang kami gunakan) . Begitu harga pasar luar negeri naik kita langsung membeli koin di pasar Indonesia (VIP) dan mengirimnya ke pasar luar negeri kemudian menjualnya dan kembali membeli koin yang harga pasar luar murah kemudian mengirim kembali ke pasar VIP untuk dijual dengan harga yang tinggi.

Masih bingung ?

Contoh :

Harga koin XLM di pasar VIP 3.600 dan XLM di pasar luar 6.000 maka kita membeli di pasar VIP kemudian kirim ke pasar luar dan jual. Nah, kita telah memperoleh keuntungan. Selanjutnya lihat koin yang harganya rendah di pasar luar sedang tinggi di pasar Indonesia, beli koin tersebut, kirim ke VIP dan jual. Itulah yang dinamakan melakukan Arbitrase atau jual beli koin antar pasar.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Arbitrase :
  1. Koneksi internet yang lancar dan cepat sebab arbitrase juga dilakukan dengan cepat mengingat perubahan harga antar pasar yang tadinya tinggi menjadi rendah. 
  2. Mengitung biaya kirim dan fee sebab tidak semua koin memiliki biaya kirim dan fee yang sama.
Catatan :

Teori yang sama, teknik yang sama tapi semua akan memiliki seni malakukan arbitrase yang berbeda-beda serta keuntungan yang berbeda pula, selamat mencoba jika anda tertarik.

Baca juga:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar