Ato Basahona Share

follow us

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika



Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika – Taman Nasional Baluran merupakan objek wisata tujuan wisatawan mancanegara yang terletak di Alas Purwo Banyuwangi. Kesan alami dari Baluran yang menyuguhkan pepohonan, rumput menguning, dan gunung yang berdiri gagah membuatnya disebut sebagai pemandagan khas Ala Afrika. Namun ada saat yang tepat untuk berlibur ke Taman Nasional Baluran, yakni pada bulan Maret hingga Agustus. Jika di antara bulan Juli sampai Agustus, pastikan akan mendapati pertarungan antar rusa, monyet yang memburu kepiting dan tarian dari burung merak. Inilah pesona alam dari Baluran dengan panorama eksotis layaknya di Afrika. 

Pemandangan Eksotis Taman Nasional Baluran Ala Afrika

Lokasi Taman Nasional Baluran 


Adapun lokasi wisata Taman Nasional Baluran yang terletak di kawasan Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur. Selain itu, keberadaan Taman Nasional Blauran diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Semeru dan Gunung Ijen, serta di tengah-tengah taman terdapat Gunung Baluaran yang sekarang sudah aktif lagi. 

Akses  Menuju Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

Beralih ke akses menuju Taman Nasional Baluran yang terbilang mudah untuk mencapainya. Jika anda yang berasal dari luar Jawa Timur bisa mengakses melalui Kota Surabaya. Barulah mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur agar dapat melewati Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Situbondi, dan Kota Banyuputih. Selepas sampai di Kota Banyuputih, ambil rute ke Desa Bilik dan dilanjutkan ke Desa Wongsorejo dan di tengah jalan ambil belok kiri menuju Visitor Center. 

Taman Nasioal Baluran, Padang Savana Paling Luas 

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

Taman Nasional Baluran merupakan padang savana terluas di pulau Jawa yang dilengkapi beragam spesies hewan dan tumbuhan. Pemandangan yang ada di kawasan ini dimulai dari sekawanan rusa yang berlarian, gerombolan gajah dan gajah, burung merak yang melebarkan ekornya, belasan elang yang terbang untuk mencari makan, hingga monyet yang berlompatan dari popohonan. 
Sementara itu, ekosistem hutan kering menjadi pesona dari Taman Nasional Baluran di Pulau Jawa dengan tipe vegetasi savana, hutan pantai, hutan musim, hutan mangrove, hutan hijau, hutan rawa, dan huran pegunungan bawah. Jika musim kemarau tiba, air di permukaan tanah akan menjadi sangat terbatas. Maka tak heran jika iklim di kawasan ini termasuk iklim keringtipe F yang dipengaruhi oleh arus angin tenggara yang kuat. 

Kegiatan di Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika

Memulai perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran dari pukul 4.00 pagi adalah hal yang terbaik untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dari sela-sela kabut dan pepohonan. Kawasan konservasi dan hutan magrove juga bisa dinikmati di sekitar tempat wisata Pantai Bawa yang berada di Baluran tersebut. Selain itu, cobalah berkeliling di Taman Nasional Baluran menggunakan perahu yang disewakan di tepi pantai Bawa. 

Taman Nasional Baluran Dengan Pemandangan Eksotis Ala Afrika


Ada kalanya menjelajah savana Afrika  yang bisa dirasakan dengan mencoba trekking di padang savana sepanjang Taman Nasional Baluran. Ketika trekking, pastikan untuk berjalan kaki bukan menggunakan mobil atau SUV. Kegiatan yang menarik lainnya, yakni berkemah karena pihak pengelola telah menyediakan camping ground di taman ini. 

You Might Also Like :