Skip to main content

follow us

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul – Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika Gunung Kidul menyimpan banyak potensi alam yang membelah tebing-tebing tinggi. Alhasi objek wisata Air Terjun Sri Gethuk mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan keunikan air terjun ini terpancar dari guyuran air sepanjang masa yang tidak mengenal musim hujan maupun kemarau, sehingga air terus mengalir tanpa henti. Maka dari itu, saat berkunjung ke Yogyakarta sempatkan diri untuk menyambangi Air Terjun Sri Gethuk. Bahkan akses menuju objek wisata alam ini terbilang cukup mudah, yakni hanya perlu melintasi hutan kayu putih agar sampai di lokasi. Perjalanan menuju air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan menyaksikan hamparan sawah dan pohon kelapa. Berikut cara menikmati pesona Air Terjun Sri Gethuk di kawasan Gunung Kidul.

Menikmati Guyuran Air Terjun Sri Gethuk Yang Eksotis

Rute Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk

Memulai perjalanan menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk anda dapat mengambil rute ke Wonosari. Kemudian, ikut terus jalan Joga-Wonosari hingga di pertigaan Gading. Barulah di pertigaan yang menunjuk arah jalan ke daerah Playen maka ikuti terus. Namun perjalanan ke objek yang satu ini akan lebih menarik saat dilakukan pagi hari, apalagi jika anda memilih rute yang melintasi Sungai Oya. Pasalnya aliran sungai terbilang tenang nan terlihat begitu hijau alami di tengah kokohnya tebing Karst di setiap sisi sungai tersebut.
Asal Muasal Air Terjun Sri Gethuk



Air Terjun Sri Genthuk di Gunungkidul yang menyimpan cerita cukup melegenda dan berkaitan dengan lokasi dari penamaaan air terjuan tersebut. Menurut cerita warga setempat, keberadaan Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat khusus untuk menyimpan kethuk. Nah, kethuk sendiri adalah alat musik atau gamelan milik makhluk halus bernama Jin Anggo Meduro. Jadi asal muasal penamaan air terjun ini menjadi Sri Gethuk dan sampai sekarang masyarakat sekitar masih sering mendengar alunan suara gamelan.
Pelangi di Air Terjun Sri Gethuk



Gemuruh suara dari guyuran air terjun mulai terdengar di telinga saat tiba di kawasan Sungai Oya, sehingga mampu mengundang rasa penasaran untuk segera menikmatinya dari dekat. Bebatuan indah di bawah air terjun tersebut tersusun rapi yang mirip seperti undak-undakan laksana di tepian kolam renang. Kini saatnya anda mendekat dan mandi dibawah air terjun ini untuk merasakan kesegaran dari air yang super jernih. Beruntung jika anda datang ke lokasi pada saat musim hujan tiba, karena akan menjumpai pelangi yang indah.
Fasilitas dan Akomodasi 



Wisata Air Terjun Sri Gethuk sebenarnya masih membutuhkan pengembangan yang lebih serius dari pihak pemda setempat. Pasalnya masih jarang fasilitas maupun akomodasi yang dijumpai di lokasi air terjun ini. Namun terdapat fasilitas umum lain seperti tempat parkir kendaraan dan beberapa warung makan yang bisa menunjang kegiatan kepariwisataan. Panaroma alam yang sungguh alami dan keasrian dari Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul menjadi perjalanan yang mengesankan, apalagi dengan satwa-satwa liar yang berkeliaran bebas.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar