Ato Basahona Share

follow us

Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo


Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo – Saat liburan tiba memang tidak ada salahnya mengunjungi Gua Batu yang berada di Labuan Bajo, Flores. Pasalnya kota kecil ini memiliki banyak spot wisata yang menawarkan pemandangan alam terbaik. Lebih lagi, Labuan Bajo merupakan pintu gerbang menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jika anda seorang traveler pastikan memiliki jadwal terbang ke Labuan Bajo. Apa salahnya menikmati panorama alam terbaik dari tempat wisata Gua Batu Cermin yang mempesona. Bisa dikatakan hampir semua sudut Gua Batu Cermin punya pemandangan yang fantastis. Berikut ulasan lengkap mengenao pesona cahaya Gua Batu Cermin di Labuan Bajo, Flores. .

Keindahan Cahaya Gua Batu Cermin Di Labuan Bajo

Lokasi Objek Wisata 



Goa Batu Cermin berada di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat yang  hanya berjarak 3 km dari Kota Labuan Bajo. Pengunjung dapat menyewa mobil dari Bandara ke Labuan Bajo ke setiap tempat di daratan Flores. Menurut sejarah Goa ini ditemukan sekaligus diteliti oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog, pada tahun 1951. Konon penelitian yang dilakukan, gua tersebut telah ada selama ribuan tahun yang lalu karena berada di dasar laut.

Pesona Cahaya Gua Batu Cermin 


Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Ada hal yang menarik dari Goa Batu Cermin sehingga mampu memikat hati para wisawatan. Jika sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang, memungkinkan memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua sepert sebuah cermin. Gua sepanjang 200 meter yang memiliki banyak lorong dipenuhi dengan aneka stalagtit maupun stalagmit yang masih terpelihara baik, lantaran terbentuk indah di dinding gua begitu alami. Bukan hanya itu, ditemukan pula fosil hewan laut menempel di sejumlah bagian gua.

Sudut Menarik di Gua Batu Cermin 


Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Seperti yang telah diketahui bahwa gua ini telah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Sata tiba dilokasi, pengunjung terlebih dahulu harus menyusuri jalur masuk menuju gua yang terdapat banyak pohon bambu dengan ratusam duri. Ketika musim kemarau semua bagian pohon tersebut terlihat begitu kering, tetapi justru membuatnya nampak sangat indah nan mampu menyuguhkan panorama alam yang semakin eksotis.

Menjelajah Lorong Gua yang Gelap 

Menikmati Pesona Cahaya Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Keberadaan Gua Batu Cermin mempunyai tangga dari semen yang lumayan tinggi di pintu masuknya. Hal inilah yang menjadikan penampakan gua semakin megah dengan langit-langit yang tinggi. Saat mulai memasuki perut gua, pastikan akan menemukan banyak ruang yang terbilang besar nan luas.  Namun karena bagian gua terlihat gelap gulita saat dijelajah, memungkinkan pengunjung menggunakan helm keselamatan dan membawa senter.

Di bagian-bagian dinding gua para pengunjung dapat menjumpai pesona alam yang mirip dengan batuan karang di dasar laut, serta seakan menyuguhkan berbagai warna. Tentu saja hal ini menandakan bahwa Gua Batu Cermin terbentuk dari fenomena alam yang cukup langka, akibat adanya aktifitas tektonik atau turunnya permukaan laut yang membuat gua untuk naik ke permukaan tanah.

Lihat Juga Artikel: