Skip to main content

follow us

Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul

Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul



Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul – Mengunjungi pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul memang terbilang sangat eksotis nan menawan. Tentu saja berkat kecantikan dan keindahan pantai alam yang membuat ramai dikunjungi para wisatawan. Namun jika menginginkan pantai dengan suasana sepi pengunjung yang menyuguhkan sejuta pesona alam, cobalah menjelajah kawasan Pantai Somandeng.

Saat hendak menemukan Pantai Somandeng yang kaya akan deburan ombak cukup tinggi, maka harus melewati jalan yang sama dari tujuan wisata Pantai Indrayanti. Pasalnya lokasi dengan Pantai Indrayanti hanya sekitar 50 meter saja. Dari kejauhan payung berwarna-warni di  atas pasir putih terlihat, memungkinkan Pantai Somandeng semakin dekat. Nah, berikut cara menikmati suasana pantai yang asri dari Pantai Somandeng di Gunung Kidul.

Keindahan Ombak Pantai Somandeng di Gunung Kidul


Lokasi Pantai Somandeng Gunung Kidul


 


Pantai Somandeng berlokasi di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung kidul, Yogyakarta. Kawasan pantai ini memang masih  berada satu kawasan dengan pantai Indrayanti. Maka dari itu, terbilang sangat mudah akan jalan yang diakes karena kondisinya cukup bagus  dan telah halus. Namun, perlu berhati-hati jika kondisi jalannya yang berkelok-kelok dan terkadang harus melewati turunan dengan sedikit curam. Sebaiknya saat berkunjung ke Pantai Somandeng menggunakan kendaraan pribadi saja.

Hamparan Pasir Putih dan Deburan Ombak


 
Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul


Sekilas melihat Pantai Somandeng yang menyuguhkan hamparan pasir putih dengan deburan ombak memang mampu memikat hati para wisatawan. Bukan hanya itu, sejuknya angin pantai tentunya memberikan ketenangan tersendiri bagi siapa pun yang  menikmati pantai ini. Di sepanjang bibir pantai, terdapat juga gazebo yang terbuat dari kayu, sehingga menciptakan kesan teduh nan damai. Selain itu, bisa memanfaatkan gazebo sebagai tempat beristirahat sambil memandangi kawasan pantai yang indah dan alami.

Keunikan dari Pantai Somandeng


 
Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul


Adapun keunikan dari keberadaan Pantai Somandeng adalah jika pantai surut, di mana para pengunjung bisa melihat bebatuan karang yang ditumbuhi dengan rumput laut maupun biota laut lainnya. Bukan hanya itu, adanya pipa-pipa saluran yang berguna sebagai pengambil air laut untuk tambak bisa ditemukan di kawasan pantai ini yang berada di sebelah utara. Pantai Somandeng juga menawarkan matahari tenggelam yang sangat eksotis sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Fasilitas di Kawasan Pantai Somandeng


 
Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul


Meskipun fasilitas yang berada di Pantai Somandeng tidak sebanyak di pantai lainya di kawasan Gunung Kidul. Namun jangan heran lantaran Pantai Somandeng memiliki sebuah organinsasi pemuda yang berperan dalam mengembangkan daerah tersebut. Organisasi ini diberi nama BRANTAS dengan kepanjangan dari Barisan Remaja Lintas Selatan. Tentu saja adanya organisasi yang telah dibentuk mempunyai tujuan untuk mengurangi pengangguran dan anak-anak putus sekolah yang tidak memiliki biaya besar.

Nah, kini saatnya ada jalan-jalan ke Kota Yogyakarta dan mampir ke daerah Gunung Kidul untuk menyambangi Pantai Somandeng. Pastikan anda berkunjung bersama keluarga atau rekan kerja agar suasana liburan di alam pantai semakin seru dan berkesan. Selamat berlibur dan semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar