Ato Basahona Share

follow us

Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim

Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim



Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim – Pulau Derawan merupakan salah satu tujuan destinasi wisata menarik di Kalimantan Timur tepatnya berada di Kabupaten Berau. Saat memasuki Kepulauan Derawan banyak pula objek wisata alam pantai yang layak dikunjungi, seperti Pulau Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Pulau tersebut rupanya memiliki ciri khas tersendiri sehingga mampu memikat hati wisatawan.


Perlu diketahui bahwa Kepulauan Derawan termasuk bagian dari ekoregiun Laut Hulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Ekoregion sendiri terletak di pusat kawasan segitiga karang dunia dengan keaneragaman hayati karang tertinggi di dunia. Oleh karena itu, kenali keindahan alam bawah laut Kepulauan Derawan Kaltim berikut ini.

Kepulauan Derawan, Surganya Alam Bawah Laut


Kepulauan Derawan, Surga Diving Alam Lautan




Saat menginjakkan kaki di Kepulauan Derawan maka kurang lengkap rasanya jika belum melakukan diving maupun snorkeling. Pasalnya hanya dua kegiatan inilah yang mampu mengabadikan kecantikan dunia bawah lautnya. Di kawasan pantai banyak dijumpai lokasi yang menyewakan peralatan menyelam dan para guide di Dive Center. Ada hal menarik saat melakukan penyelaman, dimana akan bertemu dengan ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang sangat indah. Bahkan mampu menyelam dengan jarak pandang 20 meter.

Menjelajahi Pulau Derawan


 
Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim


Kini saatnya menjelajah Pulau Derawan dengan berjalan kaki di sebuah pulau kecil, namun jika ingin menelusuri pulau lainnya upayakan dapat menyea kapal. Biasanya terdapat speedboat untuk para wisatawan saat hendak mengarungi pulai dengan beberapa pilihan penawaran. Pasalnya Speedboat hanya mampu mengangkut 3-4 orang bisa disewa seharga kurang lebih Rp 1,5 juta sampai 2 jutaan untuk satu hari. Mungkin harga tersebut terbilang mahal sebaiknya bersepeda berkeliling Pulau Derawan yang tentu lebih mengasyikan.

Berburu Penyu Hijau


 
Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim


Salah satu aktivitas menarik saat malam tiba di Pulau Derawan adalah memburu penyu hijau. Namun ingat berburu penyu hijau di sini tidak boleh dibawa pulang karena termasuk hewan yang dikonservasi. Para wisatawan hanya diperkenalkan untuk melihat secara langsung proses bertelurnya penyu-penyu tersebut. Tempat penangkaran penyu hijau di Pulau Derawan ini tentu dapat menambah wawasan saat berlibur. Jika beruntung maka akan menjumpai pelepasan anak penyu hijau dari bibir pantai ke laut.

Menikmati Suasana Matahari Terbenam


Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim


Pemandangan matahari tenggelam di Pantai Derawan adalah hal yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Sekiranya pengunjung bisa duduk-duduk di pinggir jembatan sambil menunggu waktu senja untuk melihat panorama matahari terbenam. Di pantai ini terdapat jembatan yang dibuat dari susunan kayu dan biasanya digunakan untuk tempat nongkrong para pengunjung. Selain itu, ada saatnya memandangi dasar laut yang jernih lantaran banyak ikan-ikan lucu nan cantik.

Berpetulang ke Pulau Maratua dan Gua Caving


Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Derawan Kaltim


Wisatawan bisa melanjutkan petualangan ke gua-gua caving untuk melihat sarang burung walet, lalu trekking menyelusuri hutan yang ditumbuhi pepohonandi atas batu karang atau cukup mendaki Gunung Putih untuk menyaksikan keindahan matahari pagi dari ketinggian tebing. Pulau ini juga didukung oleh 2 resort bertaraf internasional yaitu Maratua Paradise Resort dan Nabucca Island Resort.


You Might Also Like :