Ato Basahona Share

follow us

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Situ Gede adalah nama sebuah danau kecil (situ atau setu berarti telaga) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Terletak di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan, telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi wisata alam di Bogor ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebetulnya berdekatan, atau berada dalam satu sistem, dengan beberapa situ yang lain di dekatnya. Yakni Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung. Yang terakhir ini terletak di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Tidak berapa jauh dari danau ini terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research; dan ICRAF, The World Agroforestry Center), Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga.



Salah satu yang menarik dari tempat ini adalah Danau Situ Gede biasa dijadikan tempat untuk memancing ikan bagi para pecinta memancing. Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk anda gunakan berlayar ke tengah danau dan menikmati keindahan panoramanya. Jika anda sudah cukup bosan berkeliling danau situ gede, anda juga bisa berkeliling atau jalan-jalan di hutan yang ada di sekeliling danau situ gede tersebut.

Hal yang sangat menarik dari hutan yang ada disana adalah bahwa disana terdapat banyak rusa dan anda bisa bermain-main dengan mereka. Mungkin akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan anda bisa berinteraksi langsung denga rusa-rusa yang tinggal di habitat aslinya. Danau Situ Gede Bogor sangat cocok untuk anda yang ingin merasakan suasana baru dari liburan yang biasanya identik dengan belanja, dan keramaian. Panorama di Danau Situ Gede ini juga semakin gelap akan menjadi semakin indah terutama saat matahari mulai tenggelam dan langit memerah.



Tempat Wisata di Bogor yang satu ini memang banyak menyajikan suasana alam yang sejuk,namun bagi anda yang sudah bosan berwisata ke arah puncak tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke danau situ gede ini.Tidak hanya suasana alami yang disuguhkan situ ini, di sini juga Anda dapat memancing dan berpiknik dengan keluarga. Pengelola tempat ini juga menyediakan perahu bebek-bebekan maupun perahu dayung yang bisa Anda sewa untuk mengelilingi danau.selain kawasannya yang asri,tempat ini juga berdekatan dengan lembaga pusat penelitian kehutanan yang masih bernuansa alam pedesaan.

Akses Menuju Lokasi Danau Situ Gede:

Dari Stasiun Kota Bogor : Naik angkutan umum nomor 03(BS-Bubulak) turun di Sindang Barang Jero(SBJ), kemudian naik angkutan umum 15(SBJ-Ps.Anyar), Turun di situ gede.
Dari Terminal Baranangsiang Bogor : nomor 03 turun di Sindang Barang Jero(SBJ), kemudian naik angkutan umum 15(SBJ-Bubulak). Turun di situ gede.

Lihat Juga Artikel: