Ato Basahona Share

follow us

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri



Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri – Yogyakarta, memang merupakan salah satu destinasi wisata, yang kaya akan berbagai macam pilihan destinasi liburannya yang tentu saja memiliki ragam keindahan pemandangan alam dan berbagai jenis wisatanya yang menarik. Salah satunya adalah Candi Ijo, yang menjadi pilihan tepat untuk destinasi liburan anda yang menarik, dimana selain menjadi candi dengan sejarahnya yang panjang, juga hadir dengan panorama alamnya yang memukau. Ada banyak hal menarik yang bisa anda dapati dikawasan Candi Ijo ini, dan tentu saja ketika di Yogyakarta, maka candi yang dibangun pada abad ke 9 masehi ini, merupakan pilihan yang tepat untuk destinasi liburan, dan tentu saja akan membuat liburan anda semakin berkesan. Berikut ini, adalah ulasan menariknya mengenai destinasi wisata alam Candi Ijo Yogyakarta, yang memiliki panorama alam yang indah, dan penuh misteri yang tentu saja bisa anda sambangi ketika liburan. 

Wisata Candi Ijo Yogyakarta 

1. Lokasi


Destinasi wisata Candi Ijo yang ada di Yogyakarta ini, berada disekitar ketinggian 375 meter diatas permukaan laut, yang merupakan salah satu candi dengan lokasi tertinggi yang ada dikawasan Yogyakarta. Untuk lokasinya sendiri, berada dikawasan Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, yang mana aksesnya sendiri berdekatan dengan Bandara Udara Adi Sucipto, Yogyakarta. 

2. Sejarah Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri

Destinasi liburan yang satu ini, merupakan bangunan yang dulunya dibangun sekitar abad ke 9 masehi, yang lokasinya tepat disekitar kawasan Bukit yang dikenal dengan sebutan Gumuk Ijo, atau Bukit Hijau, yang menjadi sebutan dari desa ijo ini. nama Ijo ini sendiri pertama disebutkan pada sebuah prasasti Poh yang ada pada tahun 906 masehi, danmerupakan salah satu candi tertua dengan usia diperkirakan lebih dari 1100 tahun, dengan bangunannya teras yang meninggi pada bagian belakangnya.

3. Misteri Candi Ijo

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri

Wisata yang memiliki pemandangan alamnya yang indah lagi mempesona ini, merupakan salah satu destinasi liburan yang tepat, terutama bagi anda para pecinta sejarah. Destinasi wisata yang satu ini, memiliki sebuah rahasia dalam sebuah misteri yang ada pada prasastinya, dimana bertuliskan Bhuutan atau Guywann yang berarti pertapaan. Di prasasti dengan ukuran 14 cm dan ketebalan 9 cm ini, bertuliskan sebuah mantra yang berisi sebuah kutukan, yang saat ini masih tersimpan dikawasan wisata ini.

4. Akses menuju Candi ijo

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri

Untuk anda yang ingin menuju kawasan wisata yang satu ini, maka anda bisa menempuh perjalanan dari jalan Soto ke pasar Prambanan. Setelah itu, maka anda bisa mengarah ke tenggara, dimana sekitar 7 km, anda bisa mendapati sebauh candi yang ada disekitar kiri jalan. Sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, untuk menempuh perjalanan menuju kawasan Candi Ijo ini. 

Demikian ulasan menarik mengenai destinasi wisata Candi ijo, yang ada di Yogyakarta, yang memiliki panorama alam indah, dengan misterinya yang menarik untuk disambangi sebagai destinasi liburan untuk anda. Semoga bermanfaat, dan selamat berlibur. 

You Might Also Like :