Skip to main content

follow us

Penyusunan Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian ini merupakan contoh metode penelitian tentang tanaman gaharu. Namun, dapat anda sesuaikan dengan objek penelitian masing-masing berdasarkan contoh dibawah ini.

METODE PENELITIAN


Tempat dan Waktu

Penelitian ini dilakukan di (lokasi penelitian). Penelitian ini dilaksanakan selama (waktu penelitian)

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat tulis menulis, kamera, kaliper,parang, pacul, pita meter, bor tanah, pupuk kandang, pupuk NPK dan tanaman Gyrinops caudata berumur 7 tahun.

Metode Penelitian


Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mengamati tanaman yang ditanam Gyrinops caudata pada kondisi permukaan air tanah yang berbeda.

Lihat juga : Pengertian Metode Penelitian Kuantatif 

Variabel Pengamatan

Variabel yang akan diamati adalah pertambahan diameter batang Gyrinops caudata. Pengukuran diameter batang menggunakan pita ukur pada pangkal batang 30 cm dari permukaan tanah dan dilakukan 1 bulan sekali selama 9 bulan

Analisis Data

Data yang diperoleh dari variabel yang diamati yaitu diameter batang akan dianalisis menggunakan deskriptif sederhana untuk melihat pengaruh dosis tertentu terhadap pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman Gyrinops caudata pada lahan dengan kedalam muka air tanah yang berbeda.

Prosedur kerja


1. Pembersihan

Pembersihan dilakukan pada sekitaran tempat tumbuh tanaman agar memudahkan dalam pemupukan.

2. Pengambilan data

Pengambilan data awal dilakukan 1 hari sebelum pemberian pupuk. Pengambilan data selanjutnya dilakukan sebulan sekali.

3. Pemberian pupuk

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara membuat lubang dengan kedalaman sekitar 15 cm yang berbentuk lingkaran dan mengikuti luasan tajuk tanaman. Pupuk ditabur mengikuti lubang yang telah dibuat. Pemberian pupuk NPK dengan dosis 23 g / tanamandan pupuk kandang dengan dosis 4 kg / tanaman dan diberikan 3 bulan sekali selama 9 bulan. Pemberian pupuk dilakukan pada pagi hari jam 09.00 sampai 10.00 WITA.

4. Pengamatan

Pengamatan dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tanaman Gyrinops caudata pada lahan dengan permukaan air tanah yang berbeda.

5. Pengendalian hama dan penyakit

Untuk mengantisipasi tanaman dari serangan hama dan penyakit maka dilakukan pemantauan secara berkala dan akan dilakukan penyemprotan apabila terdapat tanda-tanda serangan hama dan penyakit.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar