10 Manfaat Menanam Pohon Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

10 Manfaat Menanam Pohon Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Pohon merupakan vegetasi berkayu, dengan menanam pohon di bumi yang sama-sama kita diami ini memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada.

Hal ini perlu diketahui oleh kita bersama sebagai manusia yang sangat berperan dalam ekosistem alam agar menjadi bahan pengetahuan sehingga menyadari akan betapa pentingnya peranan keberadaan pohon di lingkungan sekitar kita.

Lihat juga : Sekilas Tentang Pengertian Pohon

1. Pohon Sebagai Penyumbang Oksigen

Semua makhluk bernapas, jika tidak dapat bernapas maka makhluk akan mati. Bernapas memerlukan oksigen (O2), tahukah anda kalau pohon merupaka penyumbang oksigen yang kita hirup setiap hari dalam kelangsungan kehidupan ? jika belum mengetaahui hal itu maka sekarang anda telah mengetahuinya. Jadi jangan heran jika kita merasa sejuk saat berada di bawah tajuk pohon karena kesejukan itu disebabkan oleh oksigen yang dikelurkan oleh pohon melalui daun.

2. Pohon menyimpan air dalam tanah

Masa sih pohon bisa menyimpan air, emang ada penampung air ? Salah satu peranan penting pohon yaitu mengatur tata air dengan menyimpan air dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

Proses pohon penyimpan air :

Pada saat terjadi hujan, air akan masuk kedalam tanah melalui pori-pori tanah. Sewaktu pergerakan air dalam tanah, akar-akar pohon telah membentuk ruang-ruang yang sangat banyak didalam tanah. Maka dengan sendirinya air hujan yang masuk kedalam tanah akan terseimpan pada banyaknya ruang-ruang akar pohon tersebut. Jika air hujan tidak tersimpan kedalam tanah maka semuanya akan langsung bergerak ke sungai dan danau yang kemudian mengalir ke laut, maka berkuranglah kebutuhan air didaratan karena tidak terjadi penyimpanan kebutuhan air.

3. Pohon mengurangi polusi udara

Selain menyimpan air pohon juga mengurangi polusi udara yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Hal ini berhubungan erat dengan pohon sebagai penyumbang oksigen. Gas polutan dari kendaraan bermotor yaitu karbon dioksida (CO2) tidak baik untuk kesehatan. Asap-asap kendaraan tersebut akan diserap langsung oleh pohon yang kemudian diproses menjadi oksigen (O2) yang dikeluarkan untuk makhluk hidup sehingga pohon berperan dalam mengurangi polusi udara. Oleh karena banyak program-program pemerintah terkait penghijauan dan reboisasi.

Lihat juga :Pengertian Reboisasi dan Penghijauan Serta Perbedaannya

4. Pohon menyediakan makanan

Pohon rambutan, pohon mangga, pohon manggis dan lain sebagainya yang ditanam pada pekarangan rumah. Selain manfaat lain yang diperoleh pemiliknya juga dapat menikmati hasil buah dari pohon tersebut. Bukan saja manusia tapi burung dan hewan lainnya juga dapat menjadikan sebagai sumber makanan.

5. Pohon sebagai keindahan lingkungan

Coba anda lihat sebuah taman kota tanpa pohon, maka yang terlihat gersang dan jauh dari nilai-nilai keindahan. Dengan hadirnya pohon maka tamanpun semakin sejuk dan terlihat indah. Sama halnya dipekarangan rumah, satu atau dua pohon yang ditanam akan memberikan manfaat bagi penghuni rumah tersebut dan orang lain yang melihat taman dipekarangan rumah menjadi senang.

6. Pohon Sebagai Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Kita ketahui bersama bahwa di bumi ini bukan hanya manusia akan tetapi hewan juga membutuhkan tempat tinggal yang layak secara alami. Pohon yang kita tanam dapat dijadikan tempat bernaung atau tinggal bagi kehidupan hewan-hewan yang lebih baik sehingga dapat aman dari predator (pemangsa) yang memburu mereka, selalin itu juga pohon dapat dijadikan manfaat untuk tempat berlindung bagi hewan seperti semut, burung dan kadang manusia juga membuat rumah pohon sebagai sarana hiburan rekreasi agar menikmati suasana alam.

7. Pohon Sebagai Sarana Pendidikan

Manfaat lain dari pohon yang perlu diketahui yaitu pohon dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan baik siswa maupun mahasiswa. Ada sebagian pejalajar pada sekolah tertentu yang melakukan praktek lapangan guna mempelajari tentang pohon, mulai dari jenis, bentuk daun dan lain-lain. Ada juga sekolah kejuruan seperti SMK Kehutanan yang banyak sekali mempelajari tentang pohon atau sering disebut ilmu dendrologi (baca : dendrologi)

Bagi mahasiswa sendiri misalnya mahasiswa jurusan pertanian atau kehutanan pohon juga sering dijadikan objek penelitian dan banyak sekali dari pohon yang dapat diteliti. Misalnya penelitian tentang fenologi dan morfologi pohon.

8. Pohon Sebagai Bahan Dasar Bangunan

Perkembangan teknologi saat ini dalam dunia infrastruktur pada hakekatnya tidak dapat lepas dari pohon yang dijadikan kayu sebagai bahan dasar bangunan. Memang pada saat ini sudah banyak orang yang menggunakan besi sebagai bahan bangunan. Namun, tetap saja pada bagian-bagian lain seperti pintu dan jendela masih saja menggunakan kayu.

Pohon yang dibudidaya oleh manusia dapat berguna untuk menjadikan bahan-bahan bangunan seperti htel, rumah, kantor, toko dan lain-lain.

9. Pohon Sebagai Objek Wisata

Banyak juga jenis-jenis pohon tertentu yang ditanam dalam jumlah banyak kemudian berpotensi hingga dijadikan sebagai lokasi wisata seperti pohon pinus. Pada sebuah lokasi wisata di daerah Minahasa, Sulawesi Utara yang diberi nama lembah pinus. Pada tempat tersebut banyak pohon pinus berukuran besar sesuai dengan umurnya yang kini menjadi objek wisata.

Pengelola tinggal penyediakan tempat-tempat berteduh seperti rumah-rumah dari kayu untuk disewa oleh pengunjung serta aula besar yang dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu oleh pengunjung.

10. Pohon Sebagai Petunjuk Air

Bagi orang-orang yang hidup di pedesaan, kearifan lokal atau pengetahuan dari leluhur yang rasional masih tetap dilakukan sebab banyak manfaat. Seperti ada jenis-jenis pohon tertentu yang dijadikan sebagai tanda bahwa di lokasi tersebut banyak mengandung air tanah. Jadi ketika mereka berjalan di hutan atau sekitar hutan dan melihat pohon tersebut berarti mereka dapat pastikan bahwa banyak terdapat sumber mata air di sekitar pohon tersebut.

Lihat juga : Satu Pohon Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Itulah 10 manfaat pohon bagi kehidupan makhluk hidup yang dapat saya share kali ini, sebenarnya masih banyak lagi manfaat pohon, seperti mencegah banjir, mengurangi kebisingan, mencegah erosi dan sebagainya. Jadi mulailah menanam pohon dari sekarang demi lingkungan yang nyaman bagi kehidupan makhluk hidup. Tulisan di atas merupakan manfaat pohon yang saya sampaikan. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar