Macam-Macam Bunga Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup)

Macam-Macam Bunga Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup)

Dinamakan angiospermae atau tumbuhan berbiji tertutup karena bakal biji yang dimiliki tumbuhan tersebut dilindungi oleh daun buah. Tumbuhan angiospermae juga telah memiliki bunga yang sesungguhnya, memiliki bentuk dan susunan urat daun yang beranekaragam. Terdapat daun yang pipih, sempit ataupun lebar. Susunan urat daun ada yang menyirip, menjari, melengkung ataupun sejajar seperti pita sedangkan alat perkembangbiakannya secara generatif berupa bunga.

Bunga Angiospermae Terdiri Dari :

1. Bunga lengkap

Bunga lengkap merupakan bunga yang memiliki semua bagian-bagian bunga tanpa terkecuali mulai dari tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik. Contohnya bunga mawar, melati dan bunga sepatu.

2. Bunga tidak lengkap

Disebut bunga tidak lengkap karena tidak memiliki salah satu dari bagian-bagian bunga. Misalnya bunga tanaman rumput-rumputan yang tidak memiliki mahkota bunga.

3. Bunga sempurna

Bunga sempurna yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik sekaligus, selain itu juga memiliki juga memiliki bagian-bagian dari bunga yang lain. Contohnya bunga sepatu.

4. Bunga tidak sempurna

Bunga tidak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki benang sari atau hanya memiliki putik saja dan memiliki bagian-bagian bunga yang lain. Contohnya pada bunga salak, bunga kelapa, jagung dan melinjo. Bunga yang hanya memiliki benang sari biasanya disebut juga sebagai bunga jantan dan bunga yang hanya memiliki putik disebut bunga betina.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar