Ato Basahona Share

follow us

Pengertian Rantai Makanan Secara Umum

Suatu sistem kehidupan yang disusun oleh tumbuhan dan berbagai jenis hewan. Tumbuhan sebagai mata rantai pertama dimakan dimakan oleh hewan tertentu yang disebut konsumen i. Konsumen i dimakan konsumen ii, konsumen ii dimakan konsumen iii dan berakhir pada konsumen ke-n.

a. Tumbuhan yang menjadi rantai pertama disebut sebagai produsen

b. Konsumen I yang memakan tumbuhan disebut herbivora

c. Konsumen II, III, IV, dan ke-n yang memakan hewan disebut karnivora

Dengan demikian rantai makanan atau aliran energi itu dapat digambarkan sebagai garis lurus, karena mulai dari satu titik (tumbuhan) berakhir di satu titik lain (konsumen ke-n). Semua jenis konsumen yang mati, tubuhnya akan diuraikan oleh kelompok mikrobia yang hidup ditanah misalnya jamur dan bakteri.

Mikrobia yang merombak jasad organisme yang sudah mati ini disebut sebagai pengurai (decomposer). Hasil peruraian oleh bakteri berupa unsur mineral, diserap oleh akar tumbuhan dan digunakan sebagai sumber makanan atau hara, sehingga tumbuhan tetap terjaga kelestariannya. Jadi daur materi adalah rantai makanan “disambung” oleh mikrobia yang menguraikan organisme yang sudah mati menjadi mineral. Selanjutnya mineral tersebut menjadi bagian penyusun dari tumbuhan. Daur materi ini dapat digambarkan sebagai sebuah lingkaran tertutup, karena mulai dari tumbuhan, konsumen, pengurai, kembali ke tumbuhan. Pada gambar berikut adalah contoh suatu rantai makanan ekosistem hutan.

Proses Utama Di Dalam Ekosistem

Proses utama yang terjadi di dalam ekosistem meliputi:

1. Aliran energi : rantai makanan (di ekosistem akuatik maupun tersetrial) dan jaring-jaring makanan

2. Daur materi: 40 – 80 unsur seperti C, H, O, N, P, S, dan lain sebagainya

Ekosistem berfungsi karena adanya aliran energi dan daur materi. Saling pengaruh mempengaruhi antara aliran energi dan daur materi di dalam ekosistem akan menghasilkan keadaan homeostatis yang mantap.

Di alam terjadi aliran energi dalam bentuk rantai makanan dan jaring jaring makanan. Aliran energi ini berlangsung dari satu organisme ke organisme yang lain .

Rantai makanan dapat dibedakan menjadi:

Rantai makanan tanaman (grazing food chain), berawal dari tanaman hijau yang dimakan oleh herbivora selanjutnya herbivora dimakan oleh carnivora

Rantai makanan detritus (detritus food chain) berawal dari bahan organik yang telah mati yang dipecah oleh mikroorganisme, kemudian dimakan oleh hewan pemakan detritus, kemudian dimakan predatornya.

You Might Also Like: