Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Destinasi Wisata serta Manfaatnya untuk Masyarakat dan Daerah

Diberbagai media baik cetak maupun elektronik yang menampilkan atau membahas tentang dunia pariwisata, kita pasti sering mendengar istilah Destinasi Wisata dan istilah destinasi itu sendiri lebih sering disabdingkan dengan istilah wisata. Namun tahukah anda apa itu pengertian Destinasi Wisata ? berikut ini penjebaran pengertian destinasi wisata menurut para ahli.

Pengertian Destinasi

Destinasi adalah tempat tujuan atau daerah tujuan wisata (Daryanto, 1997) dalam kamus Bahasa Indonesia.

Pengertian Wisata

Wisata adalah perjalanan atau sebagai dari kegiatan tersebut dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata (Fandeli, 2001).

Pengertian Destinasi wisata


Destinasi wisata adalah suatu kawasan spesifik yang dipilih oleh seseorang pengunjung yang mana ia dapat tinggal dalam waktu tertentu (Hardinoto, 1996)

Lihat juga : Pengertian Objek Wisata

Sesuai dengan penjelasan diatas maka dapat dikatakan Destinasi merupakan tempat atau tujuan wisata oleh orang-orang yang akan melakukan perjalanan wisata baik wisatawan lokal maupun asing. Nah, hal inilah yang harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk memperkenalkan kepada publik setiap titik daerah asal kita yang memiliki keindahan alam meliputi pemandangan, gunung, pantai, air terjuan, flora, fauna dan segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata untuk semua kalangan.

Apalagi disaat sekarang, teknologi semakin berkembang sehingga setiap informasi dapat diakses dan dipublikasikan dalam waktu singkat. Itulah kenapa kita dituntut agar dapat memanfaat perkembangan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk hal yang bermanfaat, salah satunya dengan mempublikasikan semua keindahan alam yang berada di sekitar kita.

Manfaat Memperkenalkan Destinasi Wisata Suatu Daerah

Berbicara tentang destinasi wisata pasti berkaitan erat dengan peningkatan sumber daya alam dan peningkatan ekonomi suatu daerah atau negara. Keseimbangan antara ekonomi dan ekologi merupakan prinsip dasar dalam pengelolaan tempat-tempat wisata sehingga manfaat pembangunan berkelanjutan juga menjadi hal nyata yang dirasakan oleh semua orang.

Lihat juga : Prinsip-prinsip pengembangan Ekowisata

Dengan memperkenalkan setiap keindahan alam kepada publik maka dengan sendirinya akan memberikan informasi destinasi wisata kepada para wisatawan sehingga manfaat buat suatu daerah destinasi wisata antara lain :

1. Tempat wisata tersebut menjadi semakin terkenal

2. Daerah tersebut masuk dalam daftar rencana tujuan para wisatawan

3. Meningkatnya penghasilan para sopir angkutan umum dan angkutan khusus (mobil sewa)

4. Meningkatnya pengasilan tukang ojek

5. Menciptakan lapangan kerja

6. Menigkatkan perekonomian daerah setempat (kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi)

Jika banyaknya wisatawan yang datang berwisata disuatu daerah maka dengan sendirinya aktivitas transportasi akan mengalami peningkatan. Nah, hal ini yang saya maksudkan tentang meningkatnya penghasilan para sopir angkutan umum, khusus dan tukang ojek.

Membuka lapangan kerja bagi masyarakat dimana terdapat lokasi wisata dengan berjualan, menjadi pemandu wisata atau menyediakan fasilitas-fasilitas yang bisa disewakan seperti sepeda, motor atau peralatan selam.

Dengan menigkatnya aktivitas wisatawan pada suatu daerah maka secara otomatis menyebabkan meningkatnya perekonomian daerah tersebut. Salah satu contoh, misalnya jalur umum para wisatawan ada pelabuhan kapal laut dan bandara, nah disini terjadi pembayaran retribusi untuk daerah atau sederhananya pembayaran tiket masuk pelabuhan dan bandara. Retribusi adalah pungutan yang dikenakan kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh negara.

Meningkatnya perekonomian suatu daerah mencerminkan pemerintahan yang baik demi kesejahteraan masyarakat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Destinasi Wisata serta Manfaatnya untuk Masyarakat dan Daerah"