Struktur Akar Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya

Struktur Akar Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya

Struktur Akar Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya - Akar sebagai satu kesatuan dari tumbuhan memiliki bagian-bagian dan fungsi yang berbeda-beda. Perbedaan fungsi ini dikarenakan perbedaan letak masing-masing bagian akar tumbuhan itu sendiri.

Berikut ini penjelasan bagian-bagian akar pada tumbuhan :

1. Leher atau pangkal akar

Leher atau pangkal akar yaitu (collum radicis) yaitu bagian akar yang berada dibawah pangkal batang. Leher akar tersambung langsung dengan pangkal batang rumbuhan sehingga besarnya diameter leher akar hampir sama dengan diameter pangkal batang.

2. Ujung akar

Ujung akar (apex radicis) adalah bagian akar yang paling muda dan berada pada daerah ujung perakaran tumbuhan. Terdiri dari jaringan tumbuhan yang masih dapat tumbuh.

3. Batang akar

Batang akar (corpus radicis) adalah bagian akar yang terletak antara leher akar dan ujung akar.

4. Akar lateral

Akar lateral (radix lateral) yaitu cabang-cabang akar yang dihasilkan oleh akar utama dan masing akar lateral masih dapat bercabang lagi. Akar lateral terbentuk agak jauh dibelakang ujung akar pokok dan bagian yang lebih tua berada di belakangnya. Akar lateral bersifat endogen yang artinya muncul dari dalam dan tumbuh keluar mendesak jaringan akar pokok sehingga jaringan akar pokok tersebut pecah pada bagian luarnya yaitu pada bagian titik akar lateral tumbuh dari bagian akar utama (pokok).

5. Serabut akar

Serabut akar (radix fibrilla) Yaitu cabang-cabang akar yang lebih halus dan berbentuk serabut.

6. Rambut-rambut akar

Rambut-rambut akar (pillus radicalis) yaitu bagian akar yang sesungguhnya merupakan penonjolan sel-sel epidermis akar. Dengan adanya rambut-rambut akar akan memperluas permukaan akar sehingga dapat memperluas bidang penyerapan air dan garam di tanah. Rambut akar ini senantiasa dibentuk di dekat ujung ujung akar dan tidak ada di dekat meristem apeks. Sementara itu rambut akar yang lama akan tanggal.

7. Tudung akar

Tudung akar (calyptra) yaitu bagian akar yang letaknya paling ujung dan merupakan jaringan yang paling berguna untuk melindungi ujung akar yang masih muda dan lemah.

8. Seludang akar

Seludang akar (coleorrhiza) adalah bagian akar yang terdapat pada embrio sejumla tumbuhan monokotil.

Itulah penjelasan struktur akar dan bagian-bagian akar pada tumbuhan.

Lihat juga : Klasifikasi Tumbuhan Tingkat Rendah

Baca juga:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar