Pohon Cempaka Elmerrillia ovalis

Pohon Cempaka Elmerrillia ovalis

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Tracheobionta

Super Devisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopshida

Sub Kelas : Magnolidae

Ordo : Magnoliales

Famili : Magnoliaceae

Genus : Elmerrillia

Daerah sebaran di Sulawesi dan maluku, jenis ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, kadangkala tidak menurut persyaratan kesuburan tanah yang tinggi dan dapat tumbuh pada tanah yang lembab dan curah hujan berkisar 1.000-2.600 mm/th. Di sulawesi terdapat di tanah vulkanik yang subur dan tanah liat pada areal tanpa genangan air (Musriati.et .al. 2004)

Kayunya mempunyai kelas awet dan kelas kuat II, dapat digunakan sebagai bahan baku konstruksi rumah ( papan, balok, lantai), mebel, lemari, papan panel, kusen pintu, jendela, kapal, peralatan olahraga, alat musik, peti mati, seni pahat dan ukiran, cendramata, pensil dan kayu lapis.

Deskripsi botani, pohon besar, tinggi dapat mencapai 45 meter dengan tinggi bebas cabang 12-16 meter dan diameter mencapai 200 cm. Batang selinder, kulit luar mengelupas dan pecah-pecah berwarna putih kecoklatan. Ranting, stipula, dan tangkai daun muda tanpa bulu atau dengan bulu-bulu panjang yang rapuh berwarna kekuningan tetapi akan segera hilang pada waktu tua. Daun berbentuk elips dengan panjang 7-36 cm dan lebar 4- 16 cm. Bunga tumbuh di ketiak daun dan berwarna putih kekuningan tangkai bunga berbulu halus
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar