Inilah Perbedaan Penting Antara Tumbuhan dan Tanaman

Inilah Perbedaan Penting Antara Tumbuhan dan Tanaman

Perbedaan Arti Kata Tumbuhan dan Tanaman atau tanaman dan tumbuhan. Kita sering mendengar kata tumbuhan dan tanaman, mungkin juga bagi orang awam kedua kata tersebut sama karena mengarah pada flora. Tidak sedikit orang-orang yang menyebut tumbuhan atau tanaman pada keadaan yang salah tanpa mereka sadari. Misalnya terdapat seseorang yang berbicara tentang pohon di pegunungan yang jauh, maka dia harus menyebut tumbuhan bukan menggunakan kata tanaman.

Perbedaan Penting Antara Tumbuhan dan Tanaman


Namun sebagai seorang Rimbawan (orang yang berkecimpung di dunia kehutanan) dan orang yang disiplin ilmunya pertanian kita harus mengetahui perbedaanya agar kita dapat menyempaikan atau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari orang lain.

Apa perbedaan antara tumbuhan dan tanaman ? Simak penjelasannya sebagai berikut :

Kedua kata tersebut sepintas terlihat mengandung arti yang sama, tapi sebernanya berbeda. Berikut adalah perbedaannya :

Tumbuhan : 

Tumbuhan adalah flora yang tumbuh dan berkembang secara alami di alam tanpa adanya campur tangan manusia atau pembudidayaan.

Tanaman : 

Tanaman adalah flora yang tumbuh dan perkembang karena adanya campur tangan manusia atau dilakukannya pembudidayaan.

Itulah perbedaannya, jadi kita dapat menempatkan kata mana yang dipakai sesuai dengan arti kata tumbuhan dan tanaman tersebut.

Perbedaan yang paling mudah antara tumbuhan dan tanaman agar selalu diingat yaitu tumbuhan : tumbuh dengan sendirinya sedangkan tanaman : ditanam oleh manusia.

Sebagai contoh :

Tanaman Jagung, disebut tanaman karena Jagung tersebut dibudidayakan oleh petani. Terasa anehkan jika kita sebut tumbuhan Jagung hehe.

Sekian yang dapat saya Share tentang perbedaan antara kata Tumbuhan dan Tanaman, semoga Share singkat ini dapat menambah pengetahuan kita bersama, terima kasih.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar