Cara Merubah Titik Menjadi Garis di ArcGIS

Cara Merubah Titik Menjadi Garis di ArcGIS

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana cara merubah shp titik menjadi shp garis dan yang pastinya menggunakan Xtools Pro. Caranya cukup mudah dengan catatan anda harus sudah menginstal Xtools Pro di komputer/laptop anda.

Baik, langsung saja kita mencoba untuk merubah data titik enjadi garis di ArcGIS, namun perlu diketahui kalau disini saya menggunakan ArcGIS 10.1 tapi pada prinsipnya penarapan semua versi ArcGIS sama dan walaupun berbeda versi tidak memiliki perbedaan penerapan yang signifikan.

1. Buka ArcGIS - Masukan Data Titik yang akan dirubah menjadi garis

merubah titik

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, data shp titik yang akan kita rubah menjadi garis telah dimasukan ArcGIS dan telah tapil di Map View

2. Klik File Titik – Klik Xtools Pro – Pilih Feature Conversions - Pilih Make Polylines from Point

merubah titik

Pertama anda harus klik dulu pada data titik karena setiap data yang akan dirubah harus dipilih/klik terlebih dahulu setelah itu langsung masuk ke Xtools Pro dan memilih Make Polylines from Point seperti yang terlihat pada gambar di atas.

merubah titik

Sekarang data titik tadi telah berubah mejadi garis seperti yang terlihat pada gambar di atas dan siap dipakai sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Untuk menghilangkan data titik yang muncul silahkan hilangkan tanda centang pada data titik.

Seperti yang saya katakan pada awal tulisan di atas cukup mudah kan ?

Selamat mencoba, Good Luck.

Baca Juga : Cara Merubah Data Atribut Menjadi Excel
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar