Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grid pada Peta

Cara Membuat Grid pada Peta. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh dan Selamat Malam sebab saya menulis artikel ini pada pada malam hari hehe.

Baik, kali ini saya akan share tentang cara membuat Grid pada peta dan perangkat lunak atau Softwear yang saya gunakan adalah ArcGIS versi 10.1.

Biasanya Grid ini dibuat pada layout peta, dimana grid itu sendiri adalah garis atau titik yang mengubungkan dua koordinat yang sama pada kiri dan kanan atau Bujur Timur (BT) dan pada bagian atas dan bawah peta atau Lintang Utara (LU) baik itu koordinat geografis ataupun koordinat UTM (Universal Transverse Mercator).

Namun, ada juga yang kadang tidak menggunakan garis atau titik. Pada dasarnya model Grid tergantung pada operator GIS atau orang yang membuat peta, kadang mereka menggunakan grid bentuk garis dan kadang juga mereka menggunakan grid bentuk titik dan ada juga yang tidak menggunakan garis atau titik dan hanya membiarkan kosong (tanpa bentuk garis atau titik).

Baca Juga : Cara Instalasi ArcGIS 10.1

Perhatikan Contoh Gambar di Grid di bawah ini :

grid peta
grid peta
Nah, diatas adalah contoh gambar yang teman-teman bisa lihat, berikut kita akan melangkah pada cara membuat Grid pada layout peta :

grid peta

Pada proses pembuatan ini berarti peta yang teman-teman buat pada biasanya sudah siap untuk dicetak karena biasanya setelah semua data dimasukan dan diolah barulah proses pembuatan grid ini dilakukan.

1. Langakah pertama

Klik kanan pada layers dan pilih properti ( peratikan gambar dibawah ini)

grid peta
2. Langkah kedua

Pada tampilan properti pilih grid kemudian pilih new grid (perhatikan gambar dibawah)

grid peta

3. Langkah ketiga

Akan muncul tampilan grid and graticules wizard (perhatikan gambar dibawah ini) 
grid peta

nah, pada tampilan gambar diatas terdapat pilihan, jika teman-teman memilih graticule maka tampilan angka gridnya adalah angka koordinat geografis dan jika teman-teman memilih measure grid maka tampilan angka koordinatnya adalah koordinat UTM. Baik, sekarang kita menggunakan graticule sebagai contoh kali ini.

Baca Juga : Cara Membuat Grid Geografis dan UTM pada Peta

4. Langkah

Setelah memilih garicule, silahkan teman-teman melanjutkan dengan memilih next dan next saja seterusnya sampai finish (perhatikan gambar dibawah)

grid peta

Sekarang grid pada peta hasil buatan teman-teman telah jadi, apabila pada saat mencoba cara diatas dan belum berhasil silahkan diperhatikan secara baik semua proses diatas kembali atau bisa langsung sampaikan di kolom komentar dibawah.

Video tutorial Cara Membuat Grid Peta Menggunakan ArcGIS



Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengenal Fitur Utama ArcGIS 10.1

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Grid pada Peta"