Wisata Alam Hutan Mangrove Fukweu Kepulauan Sula Semakin Populer

Oleh : Usman Bakrin Umasugi
Setelah Tanjung Waka di Desa Fat Kauyon ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula. Kini semua mata kembali tertuju ke Utara Pulau Sula Besi tepatnya di kawasan pantai Desa Fuweu, Kecamatan Sanana Utara yang telah memiliki tempat wisata dan sekarang menjadi salah satu primadona destinasi wisata di Kepulauan Sula yaitu wisata hutan mangrove

Andini Kharie
Ada ada 3 kategori destinasi wisata hutan mangrove yang dapat dikunjungi yaitu :
1.    Areal Hutan Mangrove 


2.    Areal Hutan Mangrove Terowongan


3.    Rumah Apung Mangrove

Rumah tersebut sengaja dibuat untuk pengunjung tempat wisata agar dapat beristirahat sambil menikmati keindahan alam disekitarnya. Selain untuk kepentingan menjaga alam, tempat ini dijadikan tempat wisata karena letaknya berhadapan langsung dengan Pulau Mangole khususnya kecamatan Mangole Selatan sehingga dapat menarik wisatawan dari Pulau Mangole untuk datang berkunjung, kemudian dapat juga menjadi sumber mata pecaharian untuk warga sekitar.
Berikut ini beberapa alasan tempat ini menjadi tempat wisata utama selain pantai Waka di Desa Fat Kauyon:
a)    Bagi pengunjung yang mau mengunjungi kawasan Wisata Mangrove jalannya sangat mudah di akses dari ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula (Sanana) karena dapat ditempuh dengan mobil atau kendaraan beroda dua.
b)    Perjalanan dari Ibu Kota Kabupaten (Sanana) hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke lokasi wisata mangrove Desa Fukweu Kecamatan Sanana Utara.
c)    Wisata mangorove tidak membutuhkan biaya besar hanya bermodal 50 ribu untuk menyewa perahu kita sudah bisa mendapatkan kepuasan yang belum tentu dirasakan pada daerah perkotaan.
Usman Bakrin Umasugi


d)    Pada saat ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk kawasan Wisata Mangrove.
e)    Bagi yang senang selfie atau yang berprofesi sebagai photografer, bisa langsung dapat mengapload hasil jepretan ke media sosial karena di Desa Fukweu juga sudah tersedia jaringan dengan fasilitas edge dan 3G.
f)     Pengunjung juga dapat memancing ikan kakap putih berbagai jenis, baronang dan anakan bobara sepuasnya di Kawasan Wisata Mangrove tanpa membayar sepeserpun.
Berwisata sambil memancing
Beberapa keunggulan diatas membuat Wisata Mangrove Desa Fukweu menjadi pilihan wisata utama khusunya Masyarakat kabupaten Kepulauan Sula.
Insya Allah dalam waktu dekat pihak pengembang kawasan Wisata Mangrove Desa Fukweu akan lebih meningkatkan lagi hal-hal yang menjadi kekurangan di Kawasan Wisata Hutan Mangrove tersebut sehingga kedepannya dapat membuat pengunjung semakin merasa nyaman saat berada disini.
Lihat juga wisata Kepulauan Sula :

Cara Cepat Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer Tanpa Aplikasi

Apa kabar pengunjung blog Ato Basahona Share ? semoga kita semua masih dalam keadaan baik-baik saja, amin. Pada kesempatan ini saya akan share tentang caracepat  mengembalikan file yang terhapus di komputer tanpa aplikasi pada waktu lalu saya telah membahas tentang cara mengembalikan file foto, video dan dokumen yang terhapus dari laptop menggunakan aplikasi. Jadi anda tinggal memilih mau mengembalikan file yang terapus menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.
Pada dasarnya cara ini cara cepat  mengembalikan file yang terhapus di komputer tanpa aplikasi ini mudah saja karena telah disediakan oleh OS Windows dan hampir pada semua komputer tersedia. Hanya saja masih banyak orang yang belum  menyadari, apalagi seseorang yang baru mengenal dunia komputer.
Cara mengembalikan file foto, video dan dokumen terhapus di komputer
Saya akan memberi contoh kepada anda dengan menghapus salah satu file di komputer saya, file yang akan saya hapus berformat video, silahkan disimak :
1.    File berformat video ini berada di folder video, saya akan menghapus file video tersebut
2.    Sekarang anda perhatikan file tersebut telah terhapus dan hilang dari folder video
Sekarang kita akan mengembalikan file video tersebut :
1.    Buka Recycle Bin di Desktop komputer anda
2.    Perhatikan file video yang terhapus tadi
3.    Klik kanan dan pilih Restore
4.    Sekarang perhatikan folder tempat dimana file terhapus, maka file tersebut telah kembali seperti semula.
Mudahkan hehe karena pada prinsipnya file yang baru saja terhapus akan berada Recycle Bin dan kita hanya tinggal mengembalikannya.
Catatan :
File di Recycle Bin akan hilang jika kita menginstal ulang windows di komputer atau kita melakukan pembersihan (cleaner) pada komputer tanpa membeckup Recycle Bin. Semua file berlaku sama baik foto, video atau dokumen.

Lirik Lagu Cukup Jua - Mitha Talahatu

Lirik Lagu Ambon Terbaru 2017 Cukup Jua - Mitha Talahatu
Parcuma ale bicara cinta..
Kalo hanya biking beta kecewa..
Cukup satu kali, hati tersakiti..
Tak mau beta terulang lagi...

Hati ini bukan barang dagangan.. (Reff)
Yang ale obral cuma karena rupiah
Tapi hati ini, jua punya rasa..
Nyong e jang ale parlente cinta...

Seng usa ale mau bicara cinta..
Kalo Cuma pura-pura...
Cukup jua sio nyong e..
Batin selalu tersiksa..
Sudah-sudah jua....

Cinta deng sayang yang ale sukasi..
Pahit macam papari..
Piring pica bisa di ganti..
Hati luka tak terobati..
Lebe bae beta sandiri...

Lirik Lagu Terlanjur Sayang - Mitha Talahatu

Lirik Lagu Ambon Terbaru 2017 Terlanjur Sayang - Mitha Talahatu
 

Beta seng sangka ale... mau biking bagini
Saat beta pung hati ini paleng mencintai...
Seng sama yang dolo... se sayang cuma par beta  (reff 1)
Sekarang samua barobah, se akhiri cinta ini...

Cinta ini mo kasi akang par sapa
Sayang ini mau taru akang dimana
Masih ada ka seng, tampa cinta ini
singga di se pung hati lai...

Beta su paleng cinta, cinta par ale
Beta terlanjur sayang, cuma par ale
Masih bisa ka seng, satu kesempatan
Ulangi kisah ini...

Mau kasi kang par sapa lai... sayang
Masih ada ka seng tampa cinta ini....

Cinta ini mo kasi akang par sapa ( Reff 2 )
Sayang ini mau taru akang dimana
Masih ada ka seng, tampa cinta ini
singga di se pung hati lai...

hoo...ooo...

Terlanjur sayang, cuma par ale
Masih bisa ka seng, satu kesempatan
Ulangi kisah ini...

Cara Mengembalikan File Foto, Video dan Dokumen yang Terhapus Dari Laptop

Cara mengembalikan file foto, video dan dokumen yang terhapus di laptop untuk semua pengguna laptop atau komputer sebab hal ini pasti pernah anda alami. Apalagi jika file yang terhapus merupakan file yang sangat penting. File yang terhapus dari laptop/komputer anda dapat terjadi secara sengaja dan tidak disengaja oleh anda sendiri atau bisa juga sengaja dihapus oleh orang lain.
Jika hal itu terjadi pada anda, jangan galau dulu, jika galau silahkan saja tapi jangan berlebihan karena masih banyak cara untuk mengatasi mengembalikan file penting yang hilang tersebut.
Untuk mengembalikan file foto, video atau dokumen yang hilang dari laptop anda, kita akan menggunakan sebuah aplikasi yang namanya WinUtilities Undelete. Sebelum melanjutkan ke caranya, silahkan anda download dulu aplikasinya di SINI dan instal di laptop anda.
Cara Mengembalikan File yang Hilang di Laptop/Komputer
1. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu membuat sebuh folder di laptop anda yang akan berguna untuk menyimpan file-file terhapus yang akan anda kembalikan nantinya.
2. Buka aplikasi winutilities undelete yang telah anda instal di laptop 

3. Pilih tempat dimana anda menyimpan file yang terhapus

4. Pilih file mana yang akan anda kembalikan
Setelah memilih tempat dimana dimana anda menyimpan file yang terhapus maka akan tampil semua file-file yang telah terhapus di tempat penyimpanan, silahkan pilih file yang ingin anda kembalikan, blok semuanya dan klik kanan pilih Undelete

Saran :
Pilihlah semua file yang terhapus untuk dikembalikan agar nanti anda dapat memilih file-file mana yang anda butuhkan.
5. Terakhir, silahkan pilih tempat untuk menyimpan file yang anda kembalikan di folder yang telah anda buat dari awal tadi

Jika ada pertanyaan tentang cara mengembalikan file foto, video dan dokumen yang terhapus dari laptop, silahkan langsung saja bertanya di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Macam-Macam Pengertian Ekosistem Beserta Contohnya

Pengertian ekosistem adalah segala bentuk sistem kehidupan di bumi yang saling berinteraksi antara satu dan yang lainnya. Bumi merupakan suatu ekosistem raksasa yang di dalamnya teradapat hubungan-hubungan interaksi antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya, hal itulah yang kemudian disebut ekologi. Perlu diketahui bahwa sebenarnya terdapat perbedaan antara ekosistem dan ekologi.
Pengertian Ekosistem kemudian dibahas secara spesifik berdasarkan karakteristik lingkungan tertentu. Macam-macam ekosistem antara lain :
A.    Ekosistem darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya ekosistem darat kemudian dikategorikan lagi dalam beberapa kelompok yang disebut bioma, contohnya :
1. Bioma gurun
Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatasan dengan padang rumput.
2. Bioma padang rumput
Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik.
3. Bioma Hutan Basah
Bioma Hutan Basah terdapat di daerah tropika dan subtropik.
4. Bioma hutan gugur
Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang, Ciri-cirinya adalah curah hujan merata sepanjang tahun.

Macam-Macam Pengertian Ekosistem Beserta Contohnya
5. Bioma taiga
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik.
6. Bioma tundra
Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi.
B.     Ekosistem Air Tawar
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.
Contoh ekosistem air tawar yaitu danau dan sungai.
C.    Ekosistem Air Laut
Contoh-contoh ekosistem air laut antara lain : lautan, pantai, estuari, dan terumbu karang.
1.   Ekosistem Laut
Di laut, hewan dan tumbuhan tingkat rendah memiliki tekanan osmosis sel yang hampir sama dengan tekanan osmosis air laut. Hewan tingkat tinggi beradaptasi dengan cara banyak minum air, pengeluaran urin sedikit, dan pengeluaran air dengan cara osmosis melalui insang. Garam yang berlebihan diekskresikan melalui insang secara aktif.
2. Ekosistem pantai
Ekosistem pantai letaknya berbatasan dengan ekosistem darat, laut, dan daerah pasang surut.
3. Ekosistem Estuari
Estuari (muara) merupakan tempat bersatunya sungai dengan laut. Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam.
4. Terumbu karang
Hewan-hewan yang hidup di karang memakan organisme mikroskopis dan sisa organik lain. Berbagai invertebrata, mikro organisme, dan ikan, hidup di antara karang dan ganggang. Herbivora seperti siput, landak laut, ikan, menjadi mangsa bagi gurita, bintang laut, dan ikan karnivora.
Lihat juga artikel terkait pengertian-pengertian ekosistem berikut ini :

5 Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Laut

1.    Wilayah-wilayah Perikanan Utama
Secara geografik, daerah perikanan utama terpusat di perairan yang terhampar di paparan benua disekeliling dunia. Perikanan utama yang hanya beroperasi di wilayah-wilayah lautan terbuka adalah tuna dan paus. Dalam hal ini ada beberapa alasan terjadinya pemusatan perikanan di perairan neritik.

Partisapisi : Pengertian, Macam-Macam dan Tingkatannya Menurut Ahli

Pengertian Partisipasi
H.A.R. Tilaar (2009:287) mengungkapkan partisipasi adalah sebagai wujud dari keinginan untuk mengembangkan demokrasi melalui proses desentralisasi dimana diupayakan antara lain perlunya perencanaan dari bawah (button-up) dengan mengikutsertakan masyarakat dalam proses  perencanaan dan pembangunan masyarakatnya.

Proses Aliran Energi Dalam Daur Ekosistem

Aliran energi
Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi lain, dimulai dari sinar matahari, produsen, konsumen primer sampai konsumen tingkat tinggi hingga ke detritivor, berlangsung dalam ekosistem.
Energi dapat dirubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain (Eunergetika/tranformasi energi) misalnya Energi matahari > Kimia > Panas > Gerak. Pada prinsipnya didalam ekosistem tidak ada energi yang hilang, yang  ada adalah berubah bentuk atau pindah tempat.
Macam-Macam Aliran Energi
Tingkat Trofik
Proses aliran energi antar organisme dapat terjadi karena adanya proses makan dan dimakan. Proses makan dan dimakan terjadi antara satu kelompok organisme dengan kelompok organisme lainnya. Setiap kelompok organisme yang memiliki sumber makanan tertentu disebut dengan tingkat trofik. Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa macam tingkat trofik seperti produsen, konsumen dan decomposer.
a.    Produsen
Energi memasuki suatu ekosistem dimulai dari energi radiasi (cahaya matahari) yang sebagian diserap oleh tumbuhan, ganggang, dan organisme fotosintetik lainnya.
Energi cahaya matahari kemudian diubah menjadi energi kimia melalui proses fotosintetik. Energi kimia tersebut disimpan dalam bentuk senyawa organic seperti molekul glukosa. Molekul glukosa kemudian dipecah dan digunakan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas seperti tumbuh dan berkembang, bernapas, memperbaiki jaringan yang rusak, dan lain sebagainya.
Seluruh organisme berklorofil seperti tumbuhan dan ganggang hijau yang dapat mengolah makanannya melalui proses fotosintesis disebut organisme autotrof atau dalam suatu ekosistem disebut dengan produsen.
b. Konsumen
Organisme yang tidak dapat mengolah makanannya disebut organisme heterotrof atau konsumen.
Konsumen dalam suatu ekosistem dapat dikelompokkan menjadi beberapa tingkat. Konsumen tingkat I (konsumen primer) adalah kelompok organisme yang secara langsung memakan produsen. Anggota konsumen primer adalah kelompok herbivore atau pemakan tumbuh-tumbuhan.

Proses Aliran Energi Dalam Daur Ekosistem
Konsumen tingkat II (konsumen sekunder) adalah kelompok organisme yang memakan konsumen primer. Konsumen tingkat III (konsumen tersier) adalah kelompok organisme yang memakan konsumen sekunder. Konsumen sekunder dan tersier beranggotakan kelompok karnivora atau pemakan daging
Selain itu, konsumen primer, konsumen sekunder, dan seterusnya juga dapat merupakan anggota kelompok omnivore, yaitu organisme yang memakan tumbuhan dan hewan.
c. Dekomposer atau Detritivora
Beberapa organisme mendapatkan energinya dengan cara memakan detritus atau materi organic dari organisme lain. Detritus dapat berupa bangkai, feses, daun busuk, dan lain sebagainya. Organisme yang memakan detritus disebut dengan detritivora. Organisme detritivora seperti cacing tanah, kutu kayu, kepiting, dan siput biasanya banyak terdapat di dalam tanah atau di dasar perairan.
Sisa-sisa materi organic tidak hanya dihancurkan oleh detritivora. Organisme lain seperti bakteri dan jamur juga menggunakan sisa materi organic tersebut sebagai sember energinya. Organisme yang menggunakan sisa-sisa materi organic dan produk terdekomposisi lainnya disebut decomposer.
Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen,  konsumen, dan dekomposer. 
Jaring-jaring makanan
Jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk skema mirip jaring. Kelangsungan hidup organisme membutuhkan energi dari bahan organik yang dimakan.
Bahan organik yang mengandung energi dan unsur-unsur kimia  transfer dari satu organisme ke organisme lain berlangsung melalui interaksi makan dan dimakan. Peristiwa makan dan dimakan antar organisme dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik yang bertingkat-tingkat.
Proses Aliran Energi dalam Ekosistem
1.    Energi masuk ke dalam ekosistem berupa energi matahari, tetapi tidak semuanya dapat digunakan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis. Sisanya keluar dari sistem berupa panas, dan energi yang diubah menjadi makanan oleh tumbuhan dipakai lagi untuk proses respirasi yang juga sebagai keluaran dari sistem.
2.    Energi yang disimpan berupa materi tumbuhan  dilakukan melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan melalui herbivora dan detrivora. Seperti telah diungkapkan sebelumnya, terjadinya kehilangan sejumlah energi diantara tingkatan trofik, maka aliran energi berkurang atau menurun ke arah tahapan berikutnya dari rantai makanan. Biasanya herbivora menyimpan sekitar 10 % energi yang dikandung tumbuhan, demikian pula karnivora menyimpan sekitar 10 % energi yang dikandung mangsanya.
3.    Apabila materi tumbuhan tidak dikonsumsi, maka akan disimpan dalam sistem, diteruskan ke pengurai, atau diekspor dari sistem sebagai materi organik.
4.    Organisme-organisme pada setiap tingkat konsumen dan juga pada setiap tingkat pengurai memanfaatkan sebagian energi untuk pernafasannya, sehingga terlepaskan sejumlah panas keluar dari system.
5.    Dikarenakan ekosistem adalah suatu sistem terbuka, maka beberapa materi organik mungkin dikeluarkan menyeberang batas dari sistem. Misalnya akibat pergerakan sejumlah hewan ke wilayah, ekosistem lain, atau akibat aliran air sejumlah gulma air keluar dari sistem terbawa arus.