Wisata Religi Klenteng Kuno Hong San Kiong di Jombang Yang Wajib di Nikmati

kalian Ingin Liburan dan berwisata? informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Wisata Religi Klenteng Kuno Hong San Kiong di Jombang. Koleksi referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang ada diblog ini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Wisata Religi Klenteng Kuno Hong San Kiong di Jombang


wisata religi jombang, klenteng jombang, wisata jawa timur, indonesia tourism place
 foto: google

Klenteng yang dipergunakan sebagai tempat ibadah untuk kaum tri dharma banyak menyajikan sisi keunikannya. Salah satu yang menarik merupakan klenteng kuno Hong San Kiong yang berada di kota jombang Jawa Timur. Klenteng ini merupakan klenteng tertua di Jombang yang dibangun sekitar abad 17 yang menempati Tanah seluas 16.0 meter persegi dan mempunyai bangunan seluas 3500 meter persegi.

Bangunan yang mungil ditambah ornamen-ornamen khas agama konghuchu menghiasi setiap sudut daripada klenteng Hong San Kiong ini. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang untuk menjalankan ibadah atau hanya sekedar melihat-lihat.

di saat akan memasuki kawasan klenteng ini, kita akan disambut dua buah patung burung garuda yang berada di sebelah kiri kanan pintu masuk, dimana dibawah patung ini juga dihiasi ukira-ukiran khas tulisan tingkok.

Di pelataran klenteng akan ada banyak patung-patung simbol dewa yang dijadikan suatu keyakinan oleh masyarakat etnis tionghoa. Diantaranya ada patung Kong Co Hong Tik Tjoen Sing sebagai dewa bumi, Kong Co Hyang Thian Sing Tee sebagai dewa langit, Kwan Sing Tee Koen sebagai dewa keadilan, dan lainnya.

Juga ada beberapa patung-patung seperti patung singa, patung gajah, dan patung harimau yang ada diantara patung dewa-dewa diatas tadi. Serta masih ada banyak ornamen yang bertuliskan tulisan tinghoa.

RUTE WISATA KLENTENG HONG SAN KIONG
Klenteng ini berada di desa Gudo Kecamatan Gudo kabupaten Jombang Jawa Timur, yang berdiri di pinggir jalan raya Gudo-Jombang. Berjarak Sekitar 20 Km dari alun-alun kabupaten Jombang.

0 Response to "Wisata Religi Klenteng Kuno Hong San Kiong di Jombang Yang Wajib di Nikmati"

Post a Comment