Ato Basahona Share

follow us

Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan



Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan – Pulau Sempu merupakan pulau kecil yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Malang Jawa Timur. Di dalam pulau ini hampir tidak ditemukan air payau dan kini telah menjadi kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Konon nama dari Pulau Sempu diambil dari nama salah satu pohon yang pernah ditemukan di pulau itu dan sekarang sudah sulit ditemukan.

Keberadaan Pulau Sempu sendiri banyak memiliki jenis ekosistem, mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Sementara itu, untuk Cagar Alam Sempu termasuk rumah bagi satwa liar seperti monyet jawa, monyet hitam, kera abu-abu, dan lain sebagainya. Bagi anda yang berencana berlibur ke Pulau Sempu, cobalah menyimak referensi ulasan di bawah ini.

Pesona Keindahan Pulau Sempu Sebagai Cagar Alam 

Rute Perjalanan Pulau Sempu


Pulau Sempu Malang hanya memiliki jarak sekitar 80 km dan 180 km dari Kota Surabaya. Apabila anda berasal dari Malang, maka bisa menggunakan angkotan umum dengan kode AG menuju ke terminal Gadang. Barulah melanjutkan perjalanan menuju Turen dan berakhir di Sendang Biru untuk langsung ke Pulau Sempu. Untuk mencapai kawasan pulau, anda harus menyewa perahu ke Teluk Semut dan membawa surat ijin masuk Pulau Sempu.

Lokasi Pulau Sempu Malang 


Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

Lokasi wisata alam Pulau Sempu Malang yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keberadaan pulau ini yang ditumbuhi pepohonan tropis dan memiliki luas 877 hektar. Sekarang ini Pulau Sempu dikelola oleh Badan Konservasi Sumberdaya Alam Jawa Timur, dan Departemen Kehutanan Indonesia. Bahkan telah diakui secara resmi sebagai cagar alam sejak tahun 1928 di masa pemerintahan Hindia Belanda.

Pesona Ekosistem Pulau Sempu 


Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

Saat berkunjung ke Pulau Sempu Malang, anda akan menemui berbagai jenis ekosistem. Beberapa di antaranya seperti hutan pantai, hutan bakau atau mangrove, dan hutan tropis yang mendominasi seluruh kawasan pulau. Selain itu, terdapat vegetasi di Pulau Sempu yang seringkali dijadikan sebagai objek penelitian. Akan tetapi, kebanyakan pengunjung ke Pulau Sempu hanya sebatas untuk berwisata agar dapat menikmati keindahan alamnya.

Laguna Segara Anakan dari Pulau Sempu 


Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

Pulau Sempu rupanya menyuguhkan laguna yang terletak di tengah pulau tersebut. Laguna ini merupakan danua alami yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Sempu. Ada banyak biota yang terdapat di dalam danau, keadaan airnya yang jernih dan suasana nyaman membuat pengunjung tak ingin beranjak dari tempat ini. Beberapa kawasan tersebut adalah Telaga Lele, Tiger Cave, Pantai Waru-waru, Pantai Pasir Panjang, Pantai Fresh Water, dan Pantai Pasir Kembar.

Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

Laguna cantik bernama Segara Anakan memang agak tersembunyi di lingkar hutan tropis yang lebat. Bukan hanya itu, dijumpai pantai berpasir putih yang bertemu dengan air berwarna biru yang cukup tenang, serta terpisah dari lautan karena dikelilingi batuan karang. Air di Laguna Segara Anakan cocok dijadikan tempat yang sempurna untuk berenang.

You Might Also Like: