Ato Basahona Share

follow us

Wisata Kota Tua Surabaya Dengan Bangunan Lama Yang Unik

Wisata Kota Tua Surabaya Dengan Bangunan Lama Yang Unik


Wisata murah Kota Tua Surabaya ini memang terbilang bagus dari segi aspek budaya maupun sejarah. Dengan berwisata ke tempat tersebut pengunjung dapat menyaksikan wajah kota Surabaya sebagai pusat keramaian dan pusat pemerintahan di jamannya. Bukan hanya mendapatkan informasi sejarah, namun pengunjung bisa berlibur yang menyenangkan. Berlibur ke Kota Surabaya memang salah satu hal yang menarik untuk dilakukan. Apalagi jika mengunjungi kawasan Kota Tua Surabaya yang menyuguhkan bangunan lama cukup unik, sehingga dapat menikmati suasana masa lampau yang sangat beken. Maka tak heran jika banyak wisawatan baik domestik maupun mancanegara yang berbondong-bondong ke Kota Pahlawan ini. 

Berikut ini wisata Kota Tua Surabaya dengan bangunan lampau terunik.

Pesona Keindahan Wisata Kota Tua di Surabaya 

Sejarah Singkat Berdiri Kota Tua Surabaya 


Pada awalnya di jaman Belanda bangunan yang ada di Kota Tua merupakan kantor Gouverneurs, begitu pula di jaman Jepang yang berkuasa dengan bangunan tersebut, bahkan dijadikan sebagai tempat karesidenan atau kantor Syuucho. Hal ini sama juga yang terjadi pada Gedung Balaikota, yakni tempat kantor walikota Surabaya sudah sejak dulu digunakan untuk kantor walikota. Selain itu, gedung pemerintahan juga menjadi markas polisi Belanda atau sering disebut dengan hoofdbureau, namun sekarang dijadikan kantor polwittabes Surabaya. Menurut sejarahnya bangunan ini didirikan pada tahun 1850 dan telah mengalami perbaikan tanpa harus menghilangkan corak awalnya.

Bangunan Kuno Ala Kota Tua Surabaya 

Wisata Kota Tua Surabaya Dengan Bangunan Lama Yang Unik

Bangunan gedung tua yang berada di Kota Tua Surabaya memang telah memiliki usia ratusan tahun lalu. Akan tetapi masih tetap kokoh berdiri dan memancarkan karismasnya sebagai bangunan megah di jaman lampau. Bukan hanya itu, sejumlah gedung hingga sekarang ini terus dipertahankan baik dari segi bangunan maupun fungsinya. Alhasil bangunan Gedung Grahadi yang berada di Jalan Gubernur Suryo kini telah menjadi kantor gubernur yang rupanya dijadikan sebagai gedung pemerintahan. 

Bangunan Kantor Pos Zaman Dulu 

Wisata Kota Tua Surabaya Dengan Bangunan Lama Yang Unik

Ada kalanya saat jalan-jalan ke Kota Tua anda mendapati sebuah bangunan yang menarik. Di sekitar bangunan tersebut terdapat bangunan kantor pos pada zaman dahulu dan sudah menjalankan perannya sebagai pengantar surat, dokumen bahkan wesel pos. Bukan hanya itu, ada juga stasiun gubeg yang menjadi stasiun kereta api terbesar di wilayah selatan Surabaya. Akan tetapi saat ini stasiun tersebut dibuat dengan bantuan yang lebih terkesan modern daripada aslinya. 


Menjelajah Kota Tua Bangunan Lama Yang Unik 

Wisata Kota Tua Surabaya Dengan Bangunan Lama Yang Unik

Sayang sekali jika pergi ke Kota Surabaya tidak mampir ke Kota Tua yang memiliki bangunan tempo dulu. Berbagai keunikan tersimpan baik pada bangunan Kota Tua Surabaya, sehingga mampu membius para wisatawan yang datang. Di kawasan kota tua ini pengunjung juga bisa melakukan ragam kegiatan yang seru, mulai dari jalan-jalan, menjelajah, hingga bersepeda. Bagi anda yang hobi fotografi maka dianjurkan membawa kamera untuk memotret indahnya bangunan di sini. Namun jika anda lebih menyukai wisata kuliner maka bisa mencoba makanan khas Kota Tua di Surabaya.

You Might Also Like: