Ato Basahona Share

follow us

Selomangleng Cave: Goa Selomangleng Kediri Yang Wajib di Nikmati

Pesona wisata diidonesia seperti tak ada habis-habisnya untuk dinikmati. informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Selomangleng Cave: Goa Selomangleng Kediri. Banyaknya referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang ada diblog ini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Selomangleng Cave: Goa Selomangleng Kediri



wisata kediri, wisata jawa timur, indonesia tourism place

Tempat wisata yang satu ini tak kalah keren daripada yang lain. Namanya goa selomangleng, terletak di sebelah barat Bahari kota kediri. Goa ini memang dari kejauhan nampak biasa aja namun bila kita mendekatinya akan terlihat banyak keunikan yang ada, semisal bongkahan batu di tangga naik menuju goa dan juga banyak relief-relief di dinding goa sebelah luar ataupun dalam goa.

Lubang masuk goa sendiri ada dua pintu. Sisi kanan goa akan terlihat sebagai lekukan biasa tapi sisi kiri berbeda. Saat melengok ke dalam goa melalui pintu kecilnya itu akan terlihat betapa gelapnya lubang tersebut tanpa penerangan satupun. Menurut mitos yang beredar, lubang goa yang kecil itu tembus hingga ke Bahari selatan. Dan bila ada orang yang Bisa lewat lubang tersebut tanpa satupun penerangan akan hingga ke Bahari selatan dengan cepat, tapi bila masuk memakai alat penerang tak akan pernah Bisa keluar lagi. Ngeri yaa.. hehee
Setiap hari minggu biasanya ada acara ritual yang dilakukan warga sekitar.

Selain goa yang unik dengan dihiasi relief kuno dan sepenggal mitosnya, disekitaran kawasan goa selomangleng ada juga tempat belajar dan bermain untuk anak, kolam pemandian, dan juga wana Wisata Bukit Klothok, dimana diatas bukit ada 3 makan misterius dan juga dari bukit ini juga kita Bisa melihat kota Kediri. Satu lagi untuk yang suka sejarah Bisa belajar sejarah di Museum Erlangga yang berada di kawasan goa selomangleng.

wisata kediri jawa timur, wisata jawa timur
pemandangan dari bukit klothok


TIKET
Untuk Bisa memasuki kawasan wisata goa selomangleng kita hanya membayar karcis sebesar  5ribu rupiah untuk roda dua, dan 20ribu rupiah untuk roda empat (Jumlah penumpang berpengaruh di harga tiket masuk).

RUTE WISATA GOA SELOMANGLENG

1. Dari selatan Kota Kediri
dari alun-alun kota kediri ambil arah barat (nyebrang jembatan) menuju terminal baru kota kediri kurang lebih 10 KM. Setelah hingga di perempatan terminal kediri, belok kanan/utara sekitar 5 KM hingga di perempatan desa sukorame, mojoroto. Perempatan belok ke kiri/barat sekitar 2 KM hingga di wisata goa selomangleng.

2. Dari utara Kota Kediri
dari perempatan pabrik rokok gudang garam ke arah barat (nyebrang jembatan) lurus mentok pertigaan belok kiri sekitar 5 KM hingga perempatan. Perempatan ini agak rumit Sebab posisinya agak nyerong ke kanan. Terus ambil arah kanan/barat (ikuti aja bus kalau ada) terus hingga di perempatan sukorame (lampu merah pertama setelah perempatan tadi), belok kanan/barat 2 KM hingga di wisata goa selomangleng.
untuk yang dari arah nganjuk Bisa ambil arah menuju kota kediri lewat desa gringging, terus ke selatan hingga nanti ada perempatan agak nyerong tadi. setelah itu sama.

Untuk yang dari luar kota kediri biasanya akan melewati gudang garam dulu, jadi Bisa memakai rute yang pertama.

You Might Also Like: