Ato Basahona Share

follow us

Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya

Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya



Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya – Bandung memang terkenal sebagai Paris Van Java Indonesia sehingga sering dijadikan sebagai destinasi tujuan bagi para wisatawan khusunya dari Jakarta. Salah satu tempat wisata yang kerap dipadati pengunjung saat hari libur tiba adalah Pemandian Air Panas Maribaya Bandung. Pasalnya area wisata ini cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan baik keluarga atau kaula muda.

Keberadaan Pemandian Air Panas Maribaya sebenarnya terletak di kaki Gunung Masigit yang merupakan sebuah perkampungan kecil dengan alirandua sungai. Maka tak heran jika kawasan objek tersebut memiliki suhu yang lebih dingin dan membuat kota Bandung sebagai tempat untuk melepas penat maupun stres. Ada kalanya kenali lebih dulu asal usul Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan pesona keindahan berikut ini.

Berwisata di Pemandian Air Panas Maribaya Bandung

Asal Muasal Taman Wisata Maribaya Bandung


Konon di perkampungan taman wisata Maribaya hidup seorang wanita yang memiliki anak cantik bernama Maribaya. Karena kecantikan puterinya, pihak keluarga memutuskan untuk pergi bertapa ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mencari wangsit. Selepas kembali dari pertapaan, Eyang Raksa Dinata ayah dari Maribaya menjalankan wangsit untuk menumpahkan bokor dan munculah sumber air panas yang mengandung belerang. Pada tahun 1835 Eyang Raksa mengembangkan sumber air panas, sehingga banyak pengunjung yang menyambangi untuk sekedar rekreasi atau berobat.

Akses Menuju Pemandian Air Panas dan Air Terjun Maribaya


Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya
Air Terjun Maribaya sebenarnya masih masuk ke Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Jika ditempuh dari pusat kota Bandung maka hanya berjarak 5 km tepatnya mengarah pada timur Lembang dan sampailah di Pemandian Air Panas Maribaya. Sementara itu, untuk spot lain berupa Air Terjun Maribaya bisa menempuh jalan melalui jembatan Maribaya.

Menikmati Keindahan Air Terjun Maribaya 


Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya

Ada beberapa lokasi menarik yang bisa dikunjungi saat berada di Maribaya. Pertama anda bisa mengunjungi objek wisata Air Terjuan Mraibaya yang sangat alami dengan latar belakang pepohonan, sehingga membuat siapa pun yang datang merasa nyaman dan menenangkan. Namun air terjun ini lebih sering disebut Curug Omas oleh masyakarat sekitar. Ketinggian air terjun tersebut kurang lebih sekitar 30 meter dan terdapat dua jembatan yang memudahkan pengunjung dalam menikmati pesona Air Terjun Maribaya.

Berendam di Pemandian Air Panas Maribaya 


Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya

Anda juga bisa melakukan kegiatan lain saat tiba di kawasan Maribaya Bandung, yakni berendam dalam air panas Maribaya. Konon jika hal tersebut dilakukan akan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anda akan semakin dimanjakan jika berendam sambil menikmati jagung bakar dan ketan bakar khas dari Kota Bandung.

Melakukan Trekking di Taman Hutan Raya Djuanda 


Pemandian Air Panas Maribaya Bandung dan Asal Usulnya

Setidaknya anda mencoba menikmati alam terbuka dengan cara trekking di Taman Hutan Raya Djuanda. Hanya melakukan trekking anda bisa melalui taman ini dan akan menemukan gua Belanda maupun gua Jepang, bahkan bisa bebas keluar masuk kedua  gua tersebut. Tetapi, perhatikan saat hendak memasuki gua untuk menyiapkan alat penerangan.

You Might Also Like: