Ato Basahona Share

follow us

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan



Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan – Pantai Papuma merupakan wisata alam pantai yang menyuguhkan sejuta keindahan. Ketika menyambagi Pantai Papuma para wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru kehijauan. Bukan hanya itu di kawasan pantai ini terdapat pulau-pulau kecil dan area hutan hijau yang semakin membuat objek wisata kian menawan nan eksotis. Keberadaan tempat wisata Pantai Papuma yang tidak terlalu jauh dengan kota Jember, sehingga menjadikan akses wisawatan mudah untuk menjumpainya. Ada hal yang menarik selepas tiba di lokasi pantai tersebut, salah satunya adalah berjemur di bawah teriknya sinar matahari. Namun rupanya banyak cara menikmati pemandangan dari Pantai Papuma Jember yang indah, berikut ulasan selengkapnya. 

Pesona Keindahan Pantai Papuma Jember 

Akses Menuju Pantai Papuma Jember 


Akses yang dapat ditempuh menuju kawasan wisata Pantai Papuma jika dari Kota Surabaya sangat mudah. Anda bisa langsung menuju ke Kabupaten Jember yang hanya menempuh jarak sekitar 150 km. Barulah setelah itu, menempuh perjalanan ke Desa Lojejer dengan jarak 45 km dari kota Jember atau memakan waktu selama 45 menit. Keadaan jalan yang cukup baik dan terdapat papan petunjuk arah, sehingga mudah menjumpai Pantai Papuma. 

Sejarah Pantai Papuma 
 
Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Pantai Papuma dibuka oleh pihak Perhutani  pertama kali dengan diberi nama Pantai Malika. Namun nama pasir putih malika sehingga lambat laut disingkat menjadi PaPuMa. Adi nama Papuma sendiri berasal dari kepanjangan nama asli pantai ini adalah Pasir Putih Malika. Ada lagi nama lain dari Pantai Papuma yakni Pantai Tanjung Papuma, lantaran posisinya terletak menjorok ke arah laut dan menyerupai tanjung. 

Pantai Papuma, Gugusan Tujuh Buah Karang 

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Sebenarnya Pantai Papuma memiliki tujuh buah batu karang dengan ukuran yang sangat besar, sehingga berbentuk seperti pulau. Ada yang membentuk pulau karang dengan nama Pulau Krisna, Pulau Narada, Pulau Kajang, Pulau Nusa Barong, dan Pulau BatarGuru. Selian itu, terdapat pulau kodok karena mempunyai bentuk yang menyerupai kodok. 

Pesona Keindahan dari Pantai Papuma 

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Hamparan pasir putih pantai di sepanjang garis pantai serta juga terdapat banyak batu karang membuat Pantai Papuma terlihat semakin indah. Namun sebelum memasuki Pantai Papuma anda diharuskan melewati hutan yang berisi tanaman pohon jati. Banyak jenis flora maupun fauna khas dari Indonesia di kawasan pantai tersebut. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir lantaran telah disediakan khusus jalur pejalan kaki bagi para wisatawan. 

Kegiatan Menarik di Pantai Papuma 

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Kawasan Pantai Papuma merupakan tempat yang bagus untuk berfoto dengan mengambil sudut pandang yang indah. Siti hinggil adalah salah satu daratan tinggi di Pantai Papuma yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan laut Papuma.

Bahkan anda dapat menunggu waktu senja demi menyaksikan panorama matahari tenggelam yang memang tak boleh dilewatkan. Selain itu, banyak perahu nelayan yang berjejer dan anda bisa membeli hasil tangkapan mereka, lalu membakar di pinggir pantai. Jika tak ingin repot dapat meminta pemilik warung di sekitar pantai untuk memasaknya. 

You Might Also Like: