Ato Basahona Share

follow us

Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu

Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu


Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu – Memutuskan untuk pergi berlibur adalah sesuatu yang penting bagi para pelancong. Ada kalanya menjelajah pantai yang berada di Banyuwangi karena keadaan pantainya memang tak kalah indah dengan daerah sekitarnya. Salah satu wisata alam pantai unik untuk dikunjungi adalah Pantai Sukamande Banyuwangi yang merupakan rumah bagi penyu-penyu di lautan. 

Namun cara terbaik untuk berlibur ke Pantai Sukamande pada saat malam hari. Hal ini dikarenakan penyu hanya akan bertelur ketika hari sudah gelap dengan menepi ke daerah pantai, dan kemudian membuat lubang untuk meletakan telurnya guna melindungi dari serangan predator. Nah, berikut ini informasi lengkap mengenai Pantai Sukamande Banyuwangi yang menjadi habitat beberapa spesies penyu. 

Keunikan Pantai Sukamande, Sebagai Rumah Bagi Penyu

Seputar Info Pantai Sukamande



Pulau Sukamade terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi atau tepatnya di Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri di Desa Sarongan. Pantai Sukamande sendiri telah ada sejak masa penjajahan Belanda. Keunikan pantai ini yang menjadi habitat dari berbagai jenis penyu, mulai dari Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, dan Penyu Slengkrah. Menariknya lagi pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penyu-penyu tersebut sata bertelur di kawasan pantai ini. 

Rute dan Transportasi 


Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu
Banyak rute yang bisa dilakukan sebelum mencapai Pantai Sukamande selain melalui rute Banyuwangi. Jika anda dari Kabupaten Jember maka akan menempuh jarak sekitar 127 km. Anda pun bisa dari Kota Banyuwangi menuju ke Kota Pesanggaran karena hanya berjarak 60 km, dan kemudian dilanjutkan ke Sarongan dengan jarak 20 km. Selepas itu, ke Rajegwesi dan ke Sukomade memakan jarak 18 jam atau selama 1,5 jam. Namun anda harus waspada karena medan jalan yang berbukit sehingga perlu menyesuaikan jenis kendaraan. 

Pantai Sukamade, Rumah Bagi Penyu 


Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu

Pihak pengelola di Pulau Sukamande mengupayakan untuk melestarikan populasi penyu yang berwenang mengambil telur penyu, lalu diangkut dan dibawa ke penangkaran. Biasanya telur penyu akan menetas setelah kurun waktu 60 atau 75 hari setelah mengalami proses induk penyu bertelur. Barulah dilakukan pelepasan bayi penyu yang masih lucu ke kawasan pantai yang merupakan kegiatan paling ditunggu-tunggu bagi wisatawan. 

Menjelajah di Hutan Mangrove 


Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu

Selain melakukan pelesapan telur penyu ke lautan, pengunjung juga bisa berpetualang menikmati keindahan alam dari Hutan Mangrove. Hal inilah yang membuat panorama Pantai Sukamande menjadi tempat wisata paling natural nan menawan. Bukan hanya itu, pastikan anda mengambil spot foto terbaik saat berada di Hutan Mangrove. Saat menjelang waktu senja, cobalah untuk menyaksikan panorama matahari tenggelam yang eksotis. 

Fasilitas di Pantai Sukamade


Pantai Sukamande Banyuwangi Yang Menjadi Rumah Bagi Penyu

Suasana yang tenang saat berada di Pantai Sukamandr memang cocok untuk beribur. Apalagi di kompleks in menyajikan berbagai fasilitas yang mampu menunjang kegiatan kepariwisataan. Mulai dari pondok wisata, camping ground, jalan trail wisata, pusat informasi hingga laboratorium. Di Pantai Sukamade ini juga tersedia Cottage dan Camping Ground guna menginap bagi para wisatawan yang sedang berkunjung.

You Might Also Like: