Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah untuk Para Penyu Yang Wajib di Baca

Sedang merencanakan Liburan dan berwisata? Artikel bermanfaat seputar tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah untuk Para Penyu. Banyaknya referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang disedikan disini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah untuk Para Penyu



Lebih Dekat Dengan Konservasi Penyu Di Pantai Sukamade, Banyuwangi
 Pulau Sukamade ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi  atau lebih tepatnya berada di Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri, di Desa Sarongan, Banyuwangi.  Informasi Umum mengenai Pantai Sukamade.    Pantai Sukamade merupakan suatu pantai yang sudah terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Dengan keunikan Pantai ini yang merupakan habitat dari beberapa spesies penyu seperti Penyu Slengkrah, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, serta Penyu Sisik. Dan yang lebih menarik lagi, bila Anda beruntung maka di pantai ini Anda akan Bisa menyaksikan  penyu penyu tersebut bertelur di Pantai Sukamade ini.
ilutrasi Sunset di Pantai Sukamade | sumber gambar: banyuwangibagus.com

Lokasi Pantai Sukamade.

 Pulau Sukamade ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi  atau lebih tepatnya berada di Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri, di Desa Sarongan, Banyuwangi.

Informasi Umum mengenai Pantai Sukamade.
  Pantai Sukamade merupakan suatu pantai yang sudah terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Dengan keunikan Pantai ini yang merupakan habitat dari beberapa spesies penyu seperti Penyu Slengkrah, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, serta Penyu Sisik. Dan yang lebih menarik lagi, bila Anda beruntung maka di pantai ini Anda akan Bisa menyaksikan  penyu penyu tersebut bertelur di Pantai Sukamade ini.

 Namun syaratnya merupakan Anda wajib datang ke Pantai Sukamade di saat malam hari, hal ini dikarenakan penyu hanya akan bertelur di saat malam hari dengan menepi ke daerah pantai dan setelah itu membuat lubang untuk meletakkan telur telurnya supaya terlindung dari para predator.

Selain itu disini juga terdapat pemandu yang akan menemani Anda saat melihat proses induk penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade ini sehingga Anda tak wajib takut akan pergi melihat proses indukan penyu yang sedang bertelur sendirian.


Keunikan Pantai Sukamade.
 Dalam upaya melestarikan populasi penyu, di Pulau Sukamade ini terdapat petugas yang berwenang untuk mengambil telur telur penyu yang terdapat di area pantai yang setelah itu akan diangkat dan dibawa ke penangkaran.

 Dalam upaya melestarikan populasi penyu, di Pulau Sukamade ini terdapat petugas yang berwenang untuk mengambil telur telur penyu yang terdapat di area pantai yang setelah itu akan diangkat dan dibawa ke penangkaran.
Ilustrasi Divestasi Tukik (bayi penyu) | sumber gambar : yukpiknik.com


 Telur telur penyu ini biasanya akan menetas setelah kurun waktu 60 hingga 75 hari setelah proses induk penyu bertelur. Dan setelah menetas, maka tibalah proses yang paling menyenangkan dan paling ditunggu tunggu oleh para wisatawan, yakni proses Divestasi para bayi penyu yang masih lucu lucu ke pantai.

  Selain merupakan lokasi penangkaran dan Divestasi penyu, ternyata Pantai Sukamade mempunyai suasana pantai tak terlalu ramai serta sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan kepenatan karena rutinitas sehari hari. Dan juga menikmati Keindahan panorama Saat sunset di Pantai Sukamade.

Divestasi penyu, ternyata Pantai Sukamade mempunyai suasana pantai tak terlalu ramai serta sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan kepenatan karena rutinitas sehari hari. Dan juga menikmati Keindahan panorama Saat sunset di Pantai Sukamade.
ilutrasi Sunset di Pantai Sukamade | sumber gambar: banyuwangibagus.com


Fasilitas Di Pantai Sukamade.

 Meski termasuk bagian dari Kompleks Area Taman Nasional Meru Betiri dan mempunyai suasana yang tenang. Namun pantai ini tetap menyajikan beberapa fasilitas menunjang kegiatan kepariwisataan di sini, fasilitas fasilitas tersebut antara lain :

*Camping Ground,
*Pondok Wisata,
*Jalan Trail Wisata,
*Pusat Informasi,
*Bahkan hingga laboratorium.
  Di Pantai Sukamade ini juga tersedia Cottage dan Camping Ground guna menginap untuk para wisatawan yang berkunjung.

  Selain fasilitas fasilitas tadi, Pantai Sukamade ini masih mempunyai tempat yang cukup menyenangkan yakni hutan mangrove yang memjadikan panorama pantai sukamade ini menjadi semakin tampat natural dan menawan.

  bila Anda berniat untuk melihat aktivitas bertelurnya para penyu di Pantai Sukamade, ada beberapa Anggaran yang wajib Anda penuhi.


Rute dan Transportasi

  Selain Bisa melalui rute dari Banyuwangi, juga terdapat rute lainnya untuk mencapai Pantai Sukamade ini Anda capai dari Jember dengan menempuh jarak sekitar 127 km.

 kita Bisa memakai kendaraan umum ataupun pribadi. Namun yang wajib Anda ingat merupakan medan yang kita wajib melalui jalan yang berbukit bukit, maka dari itu kita dituntut untuk menyesuaikan jenis kendaraan kita.

  kita Bisa menempuhnya dari Kota Banyuwangi menuju ke kota Pesanggaran yang berjarak 60 km dan setelah itu dilanjutkan menuju ke Sarongan yang berjarak 20 km dengan menggunakam angkutan umum ataupun truk.

 Setelah tiba di Desa Sarongan, kita akan melalui medan yang lumayan berat, dengan lama perjalanan dari Desa  Sarongan ke Rajegwesi dan ke Sukomade ini menempuh jarak 18 km ini biasanya Bisa tempuh dengan memakai kendaraan hanya dalam waktu 1,5 jam.

  Dan itulah tadi ulasan dari saya mengenai keindahan dan konservasi penyu di Pantai Sukamade, bila kita akan pergi ke Banyuwangi maka sempatkanlah diri kita untuk mengunjungi Pantai ini.

Selamat Berwisata..
Semoga Menyenangkan..!!


0 Response to "Pantai Sukamade, Pantai Indah Juga Rumah untuk Para Penyu Yang Wajib di Baca"

Post a Comment