Ato Basahona Share

follow us

Panderman Mountain: Wisata Pendakian Gunung Panderman Malang Yang Bagus Untuk di Ketahui

Sedang merencanakan Liburan dan berwisata? Blog ini menyajikan gambar dan foto Objek tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Panderman Mountain: Wisata Pendakian Gunung Panderman Malang. Koleksi referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang ada diblog ini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Panderman Mountain: Wisata Pendakian Gunung Panderman Malang


wisata bukit panderman, rute wisata, sunrise di panderman, hiking panderman

Malang memang mampunyai banyak wisata, salah satu wisata nya yaitu Gunung Panderman. untuk para traveller yang suka hiking ini merupakan salah satu tujuan nya. Berada di kawasan kota wisata batu, menjadikan bukit panderman ramai didatangi oleh para wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Gunung panderman yang menjadi latar belakang dari kota wisata batu sangat cocok untuk para pecinta hiking. Sebab Bisa saat mencapai puncak, di pagi hari kita akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang tak kalah keren daripada Wisata Gunung Bromo.

Sedangkan di malam hari, kita Bisa menikmati indahnya pemandangan ribuan kerlap-kerlip lampu dari di kota malang. Sungguh menarik untuk Bisa bermalam diatas puncak gunung panderman.

Saat penjalanan menuju gunung panderman/bukit panderman, kita juga akan disuguhi pemandangan hutan pinus di kiri dan kanan jalan. Udara sejuk khas pegunungan menusuk kulit, Bisa dirasakan siang dan malam.

foto sunrise di panderman, tiket masuk,
foto kawan kemon saat sunrise

untuk yang ingin mengunjungi gunung panderman dan berencana untuk hiking, disarankan membawa perlengkapan tenda, jaket, dll Sebab memang udara di siang hari yang sejuk, akan beda rasanya di malam hari yang sangat dingin.

TIKET
Tarif masuk menuju wisata gunung panderman yaitu 3000/orang untuk biaya pendakian, dan parkir 5000/hari/motor.

RUTE WISATA GUNUNG PANDERMAN
dengan cara administratif gunung panderman yang mempunyai ketinggian 2045 mdpl berada di dusun Toyomerto desa Pesanggrahan Kota Batu, Malang.

1. Rute dari Toyomerto
dari alun-alun kota batu ke barat (arah kota kediri/jombang) di perempatan kedua belok kiri hingga ada perempatan lagi. Lihat kanan jalan ada gapura masuk wisata panderman, ikuti jalan utama lurus terus hingga ada pertigaan masjid, ambil kanan beberapa meter hingga di pos awal/Check Point.

2. Rute pendakian via curah banteng
dari Kusuma Agrowisata Hotel ikuti jalan naik terus hingga bertemu pos pendaftaran/Check Point.
Tapi jalur ini tak akan direkomendasikan, mengingat jalur pendakiannya yang sangat curam dan sangat sedikit yang lewat sini.

Atau dari Wisata JatimPark I, Wisata JatimPark II, dan Wisata Museum Angkot lurus ke arah barat menuju kota kediri/jombang, sejalan dengan arah bus.

Info tambahan, jalur pendakian via toyomerto akan melewati 3 pos dari pos pendaftaran.
Pos 1 Sumber Air/1330 mdpl
Pos 2 Latar Ombo/1600 mdpl
Pos 3 Watu Gede/1730 mdpl
Puncak Basundara/2045 mdpl
dan kalkulasi pendakian sekitar 3,5 jam perjalanan.

You Might Also Like: