Ato Basahona Share

follow us

Objek Wisata Kota Tua di Jakarta

Objek Wisata Kota Tua di Jakarta



Objek Wisata Kota Tua di Jakarta – Sebagai daerah ibu kota, Jakarta memang menyimpan banyak sejarah Indonesia. Maka dari itu, saat datang ke Kota Jakarta sebisa mungkin untuk menyempatkan diri mejelajah kawasan Kota Tua Jakarta. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini, kita dapat melihat sekaligus mengenang sejarah yang ada di Kota Tua tersebut.

Selain berwisata, menyambangi Kota Tua Jakarta merupakan cara terbaik untuk belajar tentang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah. Karena itulah, objek wisata Kota Tua Jakarta sebenarnya lebih cocok dikunjungi oleh kalangan kaula muda. Bagi anda berjiwa nasionalisme tinggi, maka sambangi objek wisata Kota Tua Jakarta berikut ini.

Kunjungi Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta

1.Museum Fatahillah



Museum Fatahillah merupakan bagian sejarah yang meriwayatkan Kota Jakarta. Di masa lampau pada era penjajahan VOC, bangunan museum ini lebih difungsikan sebagai balai kota, penjara bawah tanah, dan ruang pengadilan. Museum Fatahillah adalah museum terbesar di Kota Jakarta yang memiliki 3 lantai dan menyimpan sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah, mulai dari prasasti, meriam, patung, koleksi mebel antik, hingga gerabah.

2. Museum Seni Rupa dan Keramik


Objek Wisata Kota Tua di Jakarta

Tempat wisata  Museum Seni Rupa dan Keramik menyuguhkan berbagai macam lukisan. Paling sedikit terdapat 350 lukisan dan ada sekitar 1.350 jenis keramik dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari mancanegara seperti Eropa, Asia, dan Eropa. Selain itu, saat mengunjungi museum ini para wistawan dapat belajar bagaimana caranya membuat keramik. Keunikan dari museum adalah memiliki keramik berasal dari kerjaan Majapahit.

3. Museum Bank Indonesia


Objek Wisata Kota Tua di Jakarta

Museum Bank Indonesia dahulunya merupakan rumah sakit Binnen Hospital. Namun dalam perjalanannya, bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai sebuah bank yang bernama De Javasche Bank di sekitar tahun 1828. Barulah di masa Indonesia baru merdeka, pusat pengendalian ekonomi dan moneter dilakukan di museum ini. Beroperasi sebagai bank sentral di bangunan museum, dan pada tahun 1962 kantor Bank Indonesia dipindahkan.

4. Pelabuhan Sunda Kelapa


Objek Wisata Kota Tua di Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pelabuhan terpenting bagi negara Indonesia. Hal ini dikarenakan pelabuhan in bisa terhubung dengan pihak luar atau dunia luar. Dahulu pelabuhan hanya digunakan sebagai persinggahan banyak kapal asing atau kapal milik mancanegara hingga dijadikan tempat perdagangan. Pelabuhan Sunda Kelapa dibangun pada tahun ke-5 dan hingga saat ini pelabuhan masih dijadikan  untuk perdagangan.

5. Toko Merah 


Objek Wisata Kota Tua di Jakarta

Toko Merah memiliki desain berwarna merah yang kini dijadikan sebagai objek wisata Kota Tua Jakarta. Pada bagian dinding Toko Merah berwarna merah, arsitektur yang ada disini pun mengambil arsitektur Tionghoa yang identik dengan warna merah. Letak Toko Merah yang ada di depan sungai menjadi saksi adanya pembantaian berdarah yang mengorbankan puluhan ribu nyawa dari etnis China di zaman penjajahan. Tentu saja keberadaan Toko Merah sebagai wisata sejarah.
Nah, itulah Objek Wisata Kota Tua di Jakarta. Semoga bisa menjadi inspirasi menarik saat jalan-jalan ke Ibu Kota. Pastikan anda membawa kamera untuk mencari spot terbaik agar bisa diabadikan.

You Might Also Like: