Ato Basahona Share

follow us

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores



Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores – Siapa sangka Flores menyimpan banyak potensi wisata alam yang menakjubkan. Keunikan Flores yang mirip dengan Eropa jika dilihat dari bentangan sungai dan bebatuan. Salah satunya adalah keindahan objek wisata Air Terjun Cunca Wulang yang terletak di kawasan Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Saat menuju ke Air Terjun Cunca Wulang memang membutuhkan sedikit pengorbanan. Hal ini dikarenakan medan yang cukup menantang sehinga perlu ketangkasan saat mengendarai kendaraan. Namun di sepanjang jalan pastikan menjumpai area pegunungan yang sangat memikat. Nah, ini dia tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang yang berada di Flores.

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Mencapai Lokasi Objek Wisata  



Flores memang terkenal akan keindahan alam baik daratan maupun alam bawah lautnya. Kini di Labuan Bajo terdapat objek wisata Air Terjun Cunca Wulang yang mampu menyuguhkan pesona sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun yang satu ini dinamakan Cunca Wulang karena berada di Desa Cunca Wulang, atau lebih tepatnya di Kecamatan Mbelilling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 KM dari kawasan pelabuhan Labuan Bajo selama kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Pesona Grand Canyon Cunca Wulang 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Keberadaan air terjun yang masih satu kawasan dengan Hutan Mbeilling terbilang menantang untuk medan perjalanan. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang adalah Air Terjun dan Bulan. Ketinggian air terjun tersebut berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan air laut, sehingga dapat dipastikan udara di sekitar lokasi begitu sejuk. Menariknya, Air Terjun Cunca Wulang jika dilihat secara sekilas hampir menyerupai Grand Canyon versi kecil  dengan aliran sungai yang terletak di antara tebing bebatuan besar, serta air terjun berada di atas  batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan

Meloncat dari Ketinggian Air Terun 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Bebatuan yang mengapit sungai aliran Air Terjun Cunca Wulang yang terbilang aman untuk dipanjat, lantaran bagian sisinya tidak terlihat tajam. Maka jangan heran banyak wisatawan yang melakukan loncat dari atas batu hingga ketinggian 6 meter ke bawah aliran sungai. Namun ingat tanyakan dahulu kepada guide untuk masalah loncat terutama dari titik yang tinggi. Pasalnya saat musim kemarau air cenderung sedikit yang mengakibatkan wisatawan dapat membentur bagian dasar sungai.

Debit Air Terjun Deras 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Pada saat musim hujan, memungkinkan debit air terjun ini sangat deras dan bergelimpahan. Hanya saja aliran sungai tidak seindah di hari biasanya yang memiliki warna hijau, lantaran pengaruh air hujan yang cenderung keruh. Selain itu , pengunjung bisa berenang sambil menikmati keindahan alam sekitar tanpa terusik oleh keramaian. Pastikan akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan dan begitu mengesankan.

Itulah Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores yang terbilang sangat eksotis. Sebagai informasi bahwa di sekitar air terjun ini belum disediakan warung makan, jadi harus membawa bekal makanan untuk menggajal rasa lapar.

You Might Also Like: