Ato Basahona Share

follow us

Membiasakan Membaca Novel Untuk Menulis Novel

Berniat menulis novel tentang perjalanan kehidupan pribadi saya nantinya maka saya pun mulai membiasakan diri untuk membaca novel hehe. Memang dari dulu saya tipikal orang yang tidak terlalu suka membaca novel. Alasannya sederhana, saya tidak terlalu suka dengan pola cerita yang terlalu mendrama hehe.

Namun, pada saat ini entah kenapa tiba-tiba saya berpikir untuk menulis sebuah buku novel, cerita dalam novel yang saya rencanakan akan menceritakan perjalanan hidup pribadi saya dari kecil sampai sekarang. Dalam ceritanya nanti toko pemerannya akan dibuat nama samaran. Apa judul novelnya ? rahasia dong hehe.

Ternyata kini saya sadari kalau menulis sebuah novel bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi orang yang tidak terbiasa membaca novel seperti saya. Bagi saya kesulitan yang sangat terasa saat menulis sebuah novel yaitu terletak pada tanda baca narasi tulisannya. Misalnya dimana posisi yang tepat tanda seru, tanda tanya (?) dan tanda titik (.) dua (“), pokoknya cukup sulit bagi saya terkait hal itu. Namun dalam alur ceritanya cukup mengalir dengan mudah sebab ini tentang jejak kehidupan saya sendiri.

Untuk mengatasi kesulitan saya untuk menulis novel maka saya sendiri mulai sekarang membiasakan diri untuk membaca novel, demi memahami pola penulisannya dan menghayati setiap alur cerita dengan baik seingga tanda-tanda baca yang saya sebutkan diatas dapat diimplementasikan dengan baik pula.

Alhamdulillah naskah buku saya sebelumnya yang berjudul “ Rampai Coretan Kehidupan” telah sampai ke penerbit dan menunggu proses penerbitan. Baca : Begitu Bahagia SaatPenerbit Buku Jejak Publisher Mengirim Desain Cover Untuk Direview

Buku saya yang akan terbit bukanlah sebuah novel tapi kumpulan tulisan-tulisan (antologi) saya sejak mulai rajin menulis hingga dikirimnya naskah ke penerbit. Teman-teman akan saya beritahu melalui postingan berikut jika nantinya buku tersebut telah terbit.

Bagi teman-teman yang berniat menulis novel, maka saran saya mulai sekarang perbiasakanlah membaca novel agar nantinya semakin mempermudah dalam proses narasi tulisan novel tersebut.

Mungkin itu dulu yang dapat saya share kali ini, sekarang saya akan lanjutkan dulu membaca novel ya hehe.

You Might Also Like: