Ato Basahona Share

follow us

Ijen Crater: Wisata Kawah Ijen di Jawa Timur Yang Wajib di Nikmati

Keindahan wisata diidonesia seperti tak akan ada habis-habisnya untuk dinikmati. informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Ijen Crater: Wisata Kawah Ijen di Jawa Timur. Banyaknya referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang disedikan disini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Ijen Crater: Wisata Kawah Ijen di Jawa Timur


wisata kawah ijen, rute wisata kawah ijen, tiket masuk, mendaki
 foto: google

Kawah Ijen merupakan kawah yang berada di kawasan cagar alam taman wisata gunung ijen, gunung api aktif dengan tinggi 2368 mdpl yang terletak antara perbatasan banyuwangi dan bondowoso. Kawah ijen merupakan merupakan danau asam yang mempunyai kedalaman sekitar 0 meter dengan luas wilayah sekitar 5.466 hektar. Danau asam terbesar di dunia.

Kawah indah nan cantik ini sudah mendunia. Banyak turis domestik ataupun mancanegara mampir seliweran di taman wisata ini. Tak hayal kawah ijen menjadi potensi wisata daerah yang diunggulkan.

Kawah yang berada di danau diperkirakan mempunyai suhu sekitar 0 derajat celcius, yang berarti ini Bisa membakar barang bahkan tubuh manusia pun. Tapi jangan kawatir, meskipun bau belerang yang sangat menyegat selama masih di jarak aman, tak akan akan kenapa-kenapa. Tapi dianjurkan tetap memakai masker sebagai pelindung pernapasan.

Ada yang unik dari kawah ijen sendiri, dimana adanya fenomena Blue Fire yang di dunia ini hanya ada dua, di Islandia dan di Kawan Ijen. Pemandangan api biru yang berasal dari cariran belerang yang mengering.

blue fire ijen crater, kawah ijen, blue lagoon,
pemandangan blue fire malam hari

Untuk menikmati indahya blue fire, kita Bisa melihatnya di tengah malam sekitar jam 2 pagi. Situasi yang dingin akan terbayar sudah mencapai atas, menatapi indahnya blue fire.

Setelah puas dengan blue fire, di sekitar shubuh jam 4 pagi Bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Juga akan terlihat pemandangan gunung-gunung sekitar puncak ijen, diantaranya gunung semeru di sebelah timur, gunung suket, gunung raung, dan gunung sekitarnya.

TIKET
Untuk memasuki kawasan wisata kawah ijen wajib membayar dengan tarif
Senin-jumat: 5000/orang wisatawan domestik dan 100.000,- /orang wisatawan non domestik
Sabtu-minggu: 7500/orang wisatawan domestik dan 150.000,- /orang/ wisatawan non domestik

Untuk yang ingin bermalam di penginapan perhutani: 150.000,- / malam.
Untuk yang membangun tenda akan diminta biaya tambahan:  15.000,- /tenda

RUTE WISATA KAWAH IJEN
1. Rute dari Banyuwangi
dari stasiun karangasem ambil arah tujuan kecamatan licin dan desa banyusari (Bisa naik ojek atau naik angkutan), dari banyusari dilanjutkan ke Paltuding.

2. Rute dari Bondowoso
dari Bondowoso ambil arah menuju wonosari, dilanjutkan ke tapen, sempol dan akan tiba di Paltuding.

referensi: tourkawahijen.com
                 wikipedia.org

You Might Also Like: