Ato Basahona Share

follow us

Aschabul Kahfi Mosque: Masjid dan Pesantren di Perut Bumi Kota Tuban Yang Bagus Untuk di Ketahui

Pesona wisata diidonesia seperti tak akan ada habis-habisnya untuk dinikmati. informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Aschabul Kahfi Mosque: Masjid dan Pesantren di Perut Bumi Kota Tuban. Banyaknya referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang kami hadirkan untuk kita, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Aschabul Kahfi Mosque: Masjid dan Pesantren di Perut Bumi Kota Tuban


wisata tuban, wisata religi tuban, wisata jawa timur, indonesia tourism place
foto: google

Aneh atau unik pertama kali mendengar Perkataan masjid dalam perut bumi, bagaimana tak akan masjid dan juga pesantren ini benar-benar berada di bawah tanah bak gua. Memang benar, gua alami ini dibuat sebagai pesantren sekaligus di dalamnya dibuat masjid untuk beribadah.

Masjid Aschabul Kahfi merupakan peninggalam Syech Maulana Malik Ibrahim, salah seorang Waliyullah penyebar agama islam di pulau jawa asal Turki (1404-1419M). Gua yang berada dibawah tanah diyakini sebagai tempat Maulana Maghribi bermunajat. Gua tersebut sempat hilang terpendam semak belukar selama lima abad, dan sukses ditemukan kembali melalui Riyadoh seorang ulama dari daerah setempat.

Keunikan dari masjid ini selain tempatnya yang berada di perut juga, arsitektur dalam masjid sendiri juga penuh dengar ukiran-ukiran membentuk semacam tulisan arab kuno tanpa Harakat. Juga terdapat banyak kamar-kamar di bawah yang digunakan untuk pesantren Syech Maulana Maghrobi.

Bahkan pengunjung yang datangpun tak akan hanya dari wisatawan muslim aja, namun juga banyak wisatawan dari agama lain seperti kristen, hindu, ataupun konghuchu untuk bersemedi. Menurut KH. Subhan pengelola masjid ini, memang masjid ini dulu dijadikan tempat bersemedi yaitu membersihkan hati dari semua keburukan. Jadi siapa aja boleh mengunjungi, asal menjaga adab sopan santunnya. Saling menghormati yaitu salah kuncinya kebersamaan.

wisata tuban, wisata religi tuban, wisata jawa timur, indonesia tourism place
situasi pintu masuk masjid

Lorong pintu masuk yang dipenuhi kaligrafi gabungan antara kesenian arab dan jawa boleh dibilang sangat sempit, tapi setelah hingga di dalam masjid akan merasakan luasnya wilayah yang mencapai 3 hektar area. Diantaranya tempat untuk beribadah yang Bisa memuat para jamaah sekitar 500 orang, tempat wudlu, kamar-kamar, dan juga ruang tamu KH. Subhan.

TIKET
tak akan ada tarif untuk memasuki kawasan masjid Aschabul Kahfi, hanya disarankan untuk mengisi kotak amal yang ada di masjid tersebut untuk perawatan masjidnya.

RUTE WISATA RELIGI MASJID ASCHABUL KAHFI
Pesantren dan masjid ini berada di dusun wire, desa gedongombo kecamatan semanding kabupaten. Sekitar 3 Km arah timur Bahari dari Wisata Religi Makam Sunan Bonang.

1. Dari Surabaya
dari jalan raya surabaya-semarang kita akan masuk ke kota tuban lewat desa pakah, di pertigaan pakah (ada pos polisi kiri jalan) belok kanan/utara lurus terus setelah kampus/SMAN 3 Tuban ada jalan kembar belok kiri/barat. Ikuti terus sekitar 50 meter hingga. masjid di kiri/selatan jalan.

2. Dari Semarang
dari pantura masuk ke kota tuban lewat terminal tuban hingga alun-alun tetap lurus hingga ada bundaran pertigaan yang arah ketimur hingga paciran dan yang arah selatan ke Surabaya. Ambil arah selatan/surabaya. Setelah melewati beberapa sekolahan/kampus di kanan jalan dan pom bensin kiri jalan belok kanan ikuti jalan menuju desa gedongombo. kira-kira 50 meter hingga.

You Might Also Like: