Tujuan Negara Yang Wajib Kita Ketahui di Mata Hukum Indonesia

Tags

Tujuan Negara Yang Wajib Kita Ketahui di Mata Hukum Indonesia - Setiap warga negara dari yang termuda hingga yang tertua mempunyai alokasi hukum yang kompleks yang mencakup seputar hak, tanggung jawab, transaksi, standar, proses, prosedur, implikasi yang sangat sering sangat tidak sempurna dipahami, dan diserahkan kepada para ahli. di taraf yang begitu Fundamental, hukum yang mengikat membentuk peraturan masyarakat. Tujuan peraturan ini merupakan untuk menyamakan standar perilaku tertentu dalam masyarakat kita demi kepentingan umum. Tanpa hukum itu, masyarakat Bisa jadi akan turun ke dalam pola sikap buruk.

Tujuan Negara Yang Wajib Kita Ketahui di Mata Hukum Indonesia

Esai: Tujuan Negara Indonesia 


Sebagai Negara yang telah merdeka, syarat mutlak dalam suatu Negara ialah mempunyai tujuan atau arah yang jelas dalam menjalankan pemerintahannya. Tujuan Negara Indonesia telah tercantum didalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4, yaitu Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan Kesejahteraan Umum, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa,  Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Namun dalam kenyataannya Tujuan Negara Indonesia menurut penulis belum Bisa dikatakan telah sukses.Kita ambil contoh dari mencerdaskan kehidupan bangsa, berdasarkan data dari edukasi.kompasiana.com, “11 juta anak diindonesia menjalani buta huruf”. Menurut penulis, faktor penyebabnya merupakan tidak meratanya pendidikan diberbagai daerah yang menyebakan sebagian daerah menjalani ketertinggalan. Selain itu, faktor ekonomi merupakan faktor terbesar dari para pelajar yang menyebabkan pelajar tersebut terpaksa berhenti sekolah, mengapa? Sebab orangtuanya tidak mampu membiayai sekolah anaknya dengan alasan sekolah itu membutuhkan banyak biaya yang besar seperti membeli buku, sepatu, seragam, alat tulis, dan uang jajan. Inilah yang menyebabkan angka buta huruf meningkat.
Selain itu, tujuan Negara Indonesia menurut penulis merupakan tujuan yang sangat ideal, mengapa? Visi memang wajib tinggi dan juga disertai dengan misi yang jelas. Dalam perjalanannya, akan banyak perubahan kondisi dengan cara umum. Penulis rasa Indonesia sedang memasuki proses mencapai tujuan, Sebab dalam mencapai tujuan tesebut dibutuhkan waktu yang panjang, tidak Bisa dengan cara instant/ cepat. Tujuan Indonesia tersebut terus-menerus menjalani perbaikan diberbagai bidang. Dan juga menurut penulis apabila tujuan tersebut sudah terpenuhi semua, lalu apalagi yang wajib dikejar dalam suatu Negara. 

Jadi, Kesimpulan dari tujuan Negara Indonesia diatas merupakan, dalam mencapai suatu cita-cita yang besar, diperlukan suatu usaha yang besar juga. Dalam mengejar suatu tujuan itu, kita sebagai warga Negara  Indonesia wajib mendukung supaya tercapainya tujuan tersebut. Sebagai warga masyarakat yang bagus jangan hanya ingin menuntut untuk mendapatkan haknya aja akan tetapi juga wajib disertai dengan kewajiban supaya tidak hanya merugikan Negara tersebut. Mengingat Perkataan “Talkless do more” / sedikit berbicara banyak menjalankan, Bisa menjadi panduan kita dalam mencapai tujuan itu.


EmoticonEmoticon