Tips Bagi yang Mulai Suka Untuk Menulis

Suatu malam saya sedang ngobrol dengan seorang teman saat ngopi, mohon maaf jika banya aktivitas saya selalu bersentuhan dengan yang namanya kopi hehe maklum saya termasuk penikmat kopi. Saat sedang ngobrol tiba-tiba teman saya bertanya bagaimana cara untuk mulai berlatih menulis yang baik ?
Saya menjawabnya dengan sederhana yaitu menulis merupakan berbicara melalui tulisan. Jadi tulislah apa yang sedang atau telah anda lakukan dengan begitu anda akan terbiasa untuk menulis. Saya sendiri juga masih dalam proses belajar untuk menulis dan masih sangat jauh dari kesempurnaan. Dari dulu hobi saya memang menulis, oleh sebab itu saya membuat blog ini untuk menyalurkan hobi menulis. Selain itu agar pembaca ketahui jika dari blog juga dapat menghasilkan uang, lumayanlah buat beli kopi hitam sewaktu lagi nongkrong hehe.

Tips menulis untuk anda dari saya yang masih belajar menulis :
1.    Tulislah apa yang anda lakukan
Seperti yang telah saya singgung di atas bahwa mulailah menulis apa yang telah anda lakukan, apa yang anda lakukan sekarang dan apa yang akan anda lakukan nanti. Diibaratkan jika anda menulis apa yang telah anda lakukan berarti anda telah menceritakan masa lalu, jika anda menulis apa yang sedang anda lakukan sekarang berarti anda telah menceritakan apa yang sedang terjadi saat itu dan jika anda menulis apa yang akan terjadi nanti berarti seperti halnya anda sedang menceritakan rencana anda melalui tulisan. Simple dan mudah maka mulailah dari menulis apa yang sedang anda lakukan sekarang.
2.    Jangan berpikir menulis itu sulit
Teringat sebuah bahasa seorang filsuf bahwa “ kita adalah apa yang kita pikirkan”. Jika anda berpikir menulis itu sulit maka anda akan tetap sulit untuk menulis. Jangan dulu berpikir terlalu jauh tentang kata-kata baku atau Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam Bahasa Indonesia tapi menulislah dan terus menulis maka seiring waktu berjalan susunan kata, kalimat dan paragraf tulisan anda akan semakin baik dan sesuai dengan yang anda inginkan.
3.    Menulislah apa adanya
Menulis sesuai kemampuan anda, sesuai gaya anda menulis, ingat tips nomor 2 jangan berpikir sulit, menulislah sesuai kata-kata anda sebab dengan begitu suatu saat nanti anda akan menemukan karakter atau ciri khas tulisan anda nantinya. Penulis legendaris seperti Kahlil Gibran menjadi terkenal melalui ciri khas tulisannya yang sangat mendalam memaparkan kata-kata syair dan sastra, jadi saat orang membaca tulisannya tanpa melihat siapa penulisnya mereka akan dengan mudah mengatakan ini adalah karya Kahlil Gibran. Jadilah diri sendiri dalam menulis maka suatu saat anda memiliki ciri khas tulisan anda.
4.    Seringlah nongkrong bersama orang yang suka menulis
Tips menulis yang ke 3 yaitu sering-seringlah nongkrong bersama orang-orang yang suka menulis atau penulis. Dengan sering bersama mereka anda akan akan mendapatkan motivasi dan inspirasi serta ilmu terkait penulisan dari mereka sehingga semangat menulis terus berkembang dalam diri anda. Selain itu, anda juga dapat bertanya-tanya kepada mereka tentang dunia menulis.
Itulah saran dari saya bagi anda yang mulai suka untuk menulis. Namun, bagi yang telah terbiasa menulis saya yakin kalian pasti telah melewati saran-saran menulis diatas hehe.

0 Response to "Tips Bagi yang Mulai Suka Untuk Menulis"

Post a Comment