PERBEDAAN PENYIDIKAN DAN PENYELIDIKAN Yang Wajib Kita Tau

Tags

PERBEDAAN PENYIDIKAN DAN PENYELIDIKAN - Sebagai pegangan di umumnya, kita semua terikat oleh undang undang, terlepas dari kita tidak paham atau mengerti undang undang itu sendiri. "Ketidaktahuan akan hukum bukanlah pembelaan." merupakan penting bahwa kita mengetahui dan memahami, setidaknya dalam pengertian umum, sifat dari kewajiban ini, dan konsekuensi ketidaktaatan. Hukum mengatur hampir setiap aspek kehidupan kita, dan sangat banyak tanggung jawab ditempatkan di kita masing-masing oleh undang-undang ini. di taraf yang sangat Fundamental, hukum yang mengikat membentuk peraturan masyarakat. Asa undang-undang ini merupakan untuk mempertahankan standar perilaku tertentu untuk penduduknya demi kepentingan umum.

PERBEDAAN PENYIDIKAN DAN PENYELIDIKAN

PENYELIDIKAN
Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bidang penyidikan.
Menurut M. Yahya Harahap, tindakan penyelidikan lebih Bisa disamakan dengan tindakan pengusutan sebagai usaha mencari dan menemukan jejak berupa keterangan dan bukti-bukti sesuatu peristiwa yang diduga merupakan tindak pidana.
Sedangkan yang menjalankan tugas penyelidikan merupakan penyelidik yang di atur dalam Pasal 1 angka 4 KUHAP, yaitu: “Penyelidik merupakan pejabat polisi negara Republik Indonesia yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk menjalankan penyelidikan.”
Berdasarkan ketentuan Pasal 16 ayat (1) KUHAP, untuk kepentingan penyelidikan, penyelidik atas perintah penyidik Bisa menjalankan penangkapan. Namun untuk menjamin hak-hak asasi tersangka, perintah penangkapan tersebut wajib didasarkan di bukti permulaan yang cukup. Namun untuk menjamin hak-hak asasi tersangka, perintah penangkapan tersebut wajib didasarkan di bukti permulaan yang cukup.

PENYIDIKAN
Menurut Pedoman Aplikasi KUHAP, penyelidikan merupakan salah satu Tutorial atau metode atau sub daripada fungsi penyidikan yang mendahului tindakan lain, yaitu penindakan yang berupa penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, Investigasi surat, pemanggilan, tindakan Investigasi, dan penyerahan berkas kepada penuntut umum Jadi sebelum menjalankan penyidikan, dilakukan lebih dulu penyelidikan oleh pejabat penyelidik, dengan maksud dan tujuan mengumpulkan bukti permulaan atau bukti yang cukup supaya Bisa dilakukan tindak lanjut penyidikan.
Penyidikan, Perkataan dasarnya "sidik", artinya proses mencari tahu, menelusuri, atau menemukan kebenaran mengenai hal yang disidik. Penyidikan merupakan serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut Tutorial yang diatur dalam undang-undang ini untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang mengenai tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya.
Penyidikan merupakan serangkaian tindakan penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang mengenai tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya. (Pasal 1 KUHAP) Penyidikan merupakan kegiatan Polisi dalam membuat terang suatu kasus yang terjadi dengan mengumpulkan alat bukti yang sah, bagus berupa barang bukti, keterangan saksi, keterangan saksi ahli, surat, dsb. Sumber
Kitab Undang-Undang Huku Acara Pidana (KUHAP) UU No. 8 Tahun 1981.


EmoticonEmoticon