IUS CONSTITUTUM DAN IUS CONSTITUENDUM Yang wajib Kita Ketahui

IUS CONSTITUTUM DAN IUS CONSTITUENDUM - Semua masyarakat negara dari yang termuda hingga yang tertua mempunyai alokasi hukum yang kompleks yang mencakup seputar hak, tanggung jawab, transaksi, standar, proses, prosedur, implikasi yang begitu juga sangat belum tentu sempurna dipahami, dan diserahkan kepada para ahli. di tingkat yang sangat Fundamental, hukum yang mengikat membentuk peraturan masyarakat. Tujuan undang-undang ini yaitu untuk mempertahankan standar perilaku tertentu untuk masyarakat kita demi kepentingan umum. Tanpa Anggaran seperti itu, para warga kita akan terjerumus ke dalam pola hidup tak karuan.

IUS CONSTITUTUM DAN IUS CONSTITUENDUM


Dari hasil pembelajaran ini Bisa ditemukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan di dalam sistem hukum, yang dikarenakan Sebab perbedaan waktu atau antar negara. Untuk hal ini terdapat aneka Tutorial pembedaan hukum, di antaranya yang dibedakan yaitu antara pasangan-pasangan hukum sebagai berikut :

Ius Constitutum dan Ius Constituendum

  • a. Ius Constitutum yaitu hukum positif suatu negara, yaitu hukum yang berlaku dalam suatu negara di suatu saat tertentu sebagai contoh : hukum Indonesia yang berlaku dewasa ini dinamakan Ius Constitutum, atau bersifat hukum positif, juga dinamakan tata hukum Indonesia. Demikian pula hukum Amerika yang berlaku sekarang, Inggris, Rusia, Jepang dan lain-lain.
  • b. Ius Constituendum yaitu hukum yabg dicita-citakan oleh pergaulan hidup dan negara, akan tetapi belum merupakan kaidah dalam bentuk undang-undang atau berbagai ketentuan lain. Pendapat yang demikian juga diketengahkan oleh Sudiman Kartohadiprodjo (Purbacaraka-Soerjono Soekanto, 1980).
Perbedaan keduanya didasarkan di perkembangan sejarah tata hukum tertentu. Seperti dikatakan oleh W.L.G. Lemdire (1952) bahwa hukum menerbitkan pergaulan hidup manusia suatu tempat tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Ia merupakan hasil perkembangan sejarah yang terbentuk dan akan hilang. Jadi Bisa dikatakan bahwa Ius Constitutum sekarang yaitu Ius Contituendum di masa lampau.

Oleh Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto (1980) ditegaskan bahwa pembedaan Ius Contitutum dengan Ius Contituendum merupakan suatu abstraksi dari fakta bahwa sesungguhnya segala sesuatu merupakan suatu proses perkembangan.

Demikianlah bahwa hukum pun merupakan suatu Forum masyarakat yang senantiasa mendapatkan perkembangan, sedemikian rupa, sehingga apa yang dicita-citakan, di saatnya terwujud menjadi Fenomena, sebaliknya yang sedang berlaku menjadi pudar Ditenggak waktu Sebab telah tidak cocok lagi (mendapatkan deskrapansi atau kesenjangan antara kaidah dan Fenomena sosial).

______________________________
Dr. Soedjono Dirdjosisworo, S.H.
PENGANTAR ILMU HUKUM


0 Response to "IUS CONSTITUTUM DAN IUS CONSTITUENDUM Yang wajib Kita Ketahui"

Post a Comment