Ato Basahona Share

follow us

HUKUM PUBLIK (Hukum Negara) Yang wajib Kita Baca

HUKUM PUBLIK (Hukum Negara) - Siapapun masyarakat negara dari yang termuda hingga yang tertua tinggal dalam alokasi hukum yang komplit yang mencakup seputar hak, tanggung jawab, transaksi, peraturan, proses, prosedur, implikasi yang begitu juga sangat tidak sempurna untuk dimengerti, dan diserahkan kepada para ahli. di taraf yang begitu Fundamental, hukum yang mengikat membentuk peraturan masyarakat. Asa undang-undang ini yaitu untuk mempertahankan standar perilaku tertentu dalam penduduknya demi kepentingan umum. Tanpa hukum itu, masyarakat Bisa jadi akan terjerumus ke dalam tatanan tak beraturan.

HUKUM PUBLIK (Hukum Negara)


Hukum publik juga Bisa dikatakan sebagai suatu Anggaran yang mengatur masayarakat, sehingga hukum publik juga Bisa disebut dengan hukum negara. Beberapa hukum yang berkaitan dengan hukum publik diantaranya ialah, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum pidana, hukum internasional.

Penjabaran tersebut Bisa dipahami dengan lebih rinci sebagai berikut :

  • 1. Hukum Tata Negara
Hukum Tata Negara yaitu Hukum yang mengatur bentuk dan susunan pemerintahan suatu negara serta hubungan kekuasaan antara alat-alat perlengkapan satu sama lain, dan hubungan antara Negara (Pemerintah Pusat) dengan bagian-bagian negara (daerah-daerah swatantra).

  • 2. Hukum Administrasi Negara
Hukum Administrasi Negara (Hukum Tatausaha Negara atau Hukum Tata Pemerintah), yaitu hukum yang mengatur Tutorial-Tutorial menjalankan tugas (hak dan kewajiban) dari kekuasaan alat-alat perlengkapan negara.

  • 3. Hukum Pidana
Hukum Pidana (pidana = hukuman), yaitu hukum yang mengatur perbuatan-perbuatan apa yang dilarang dan membagikan pidana kepada siapa yang melanggarnya serta mengatur bagaimana Tutorial-Tutorial mengajukan perkara-perkara ke muka Pengadilan. Namun demikian ada pendapat para ahli menganggap Hukum Pidana tidak termasuk Hukum Publik (Paul Scholten dan Logemann).

  • 4. Hukum Internasional
a. Hukum Perdata Internasional, yaitu hukum yang mengatur hubungan hukum antara warganegara-warganegara sesuatu negara dengan warganegara-warganegara dari negara lain dalam hubungan Internasional.

b. Hukum Publik Internasional (Hukum Antara Negara), yaitu hukum yang mengatur hubungan antara negara yang satu dengan negara-negara yang lain dalam hubungan Internasional.

bila berbicara mengenai Hukum Internasional, maka hampir selalu yang dimaksudkannya ialah Hukum Publik Internasional.


You Might Also Like: