Ato Basahona Share

follow us

Burung Maleo, Hewan Endemik Indonesia Asal Sulawesi

Burung Maleo merupakan salah satu hewan endemik di Indonesia yang berada di Pulau Sulawesi. Pada saat jumlah burung Maleo sendiri semakin berkurang sebabkan oleh semakin hilangnya haitat mereka termasuk habitat bertelur mereka oleh perambahan hutan oleh orang-orang untuk kepentingan mereka selain itu tingginya tingkat perburuan Maleo dan konsumsi telur burung ini juga menyebabkan burung ini semakin berkurang. Sehingga burung Maleo saat ini semakin dilindungi oleh pemerintah, lembaga-lembaga konservasi dan para pemerhati burung endemik ini agar tetap terjaga keberadaannya.

Maleo memiliki nama ilmiah Macrocephalon maleo yang berarti kepala besar (Macro = besar) dan (cephalon = kepala) termasuk dalam famili Megapoda yang berarti kaki besar (Mega=besar) dan (Poda = kaki).

Ciri-ciri Burung Maleo

Burung Maleo memiliki ciri lain selain yang telah disebutkan di atas berdasarkan arti namanya. Namun, kita dapat mengetahui lebih banyak ciri-ciri burung Maleo yaitu memiliki kaki besar yang berfungsi menggali tanah atau pasir saat bertelur. Maleo memiliki warna bulu hitam pada bagian atas dan warna merah muda pada bagian dada, Maleo betina memiliki warna buku yang lebih pudar dari Maleo jantan dan panjang burung Maleo sekitar 55 cm.

Fakta unik tentang Maleo

Fakta unik tentang Maleo adalah burung ini tidak mengerami telurnya seperti burung-burung lain pada umumnya. Telurnya dikubur ke dalam tanah yang mengandung panas bumi atau daerah pantai yang terkena panas matahari agar menetas dengan sendirinya. Setelah menetas, anak Maleo menggali jalan keluar dari dalam tanah dan dapat langsung terbang.

Burung Maleo termasuk burung yang sangat setia terhadap pasangannya sebab burung ini hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Burung Maleo merupakan salah satu satwa endemik di Indonesia oleh sebab itu kita sebagai warga negara patut untuk menjaga dan melestarikan hewan ini agar anak cucu kita nantinya tidak hanya mendengar namanya tapi juga masih dapat melihat langsung burung yang indah dan unik ini.

You Might Also Like: