Tujuan Mempelajari Pancasila Yang wajib Kita Ketahui

Tags

Memahami Tujuan Mempelajari Pancasila - Sebagai kepahaman di umumnya, kita semua terikat oleh hukum, sekalipun dari kita tidak paham atau mengerti hukum itu sendiri. "Ketidaktahuan akan hukum bukanlah pembelaan." merupakan penting bahwa kita mengetahui dan memahami, setidaknya dalam pengertian umum, sifat dari kewajiban ini, dan konsekuensi ketidaktaatan. Hukum mengatur hampir setiap aspek kehidupan kita, dan sangat banyak tanggung jawab ditempatkan di kita masing-masing oleh undang-undang ini. di tingkat yang begitu mendasar, hukum yang mengikat membentuk peraturan masyarakat. Tujuan undang-undang ini merupakan untuk mempertahankan standar perilaku tertentu untuk masyarakat kita demi kepentingan umum.

Tujuan Mempelajari Pancasila

Titik tolak dari tujuan kita mempelajari sesuatu, terlebih bila sesuatu itu merupakan ilmu pengetahuan berpangkal di salah satu sifat manusia, yaitu sifat ingin tahu. Setiap manusia yang normal pasti mempunyai sifat ingin tahu. Sifat ingin tahu yang merupakan sifat asasi atau kodrat manusia itu bukan hanya sekedar ingin tahu aja, melainkan ingin tahu yang benar. Saat seseorang sudah tahu yang benaratau telah mengetahui dengan sebenarnya mengenai sesuatu, maka ia akan menghubungkan sesuatu itu dengan dirinya, yaitu pemanfaatan sesuatu itu terhadap dirinya atau orang lain.

Demikian halnya dengan tujuan mempelajari Pancasila, merupakan ingin mengetahui Pancasila yang benar, yaitu yang Bisa dipertanggungjawabkan, bagus dengan cara yuridis konstitusional ataupun dengan cara dengan cara obyektif ilmiah. dengan cara yuridis konstitusional Sebab Pancasila merupakan dasar negara yang dipergunakan sebagai dasar mengatur atau menyelenggarakan pemerintahan negara. Oleh Sebab itu, tidak setiap orang boleh membagikan pengertian atau tafsiran menurut pendapatnya sendiri. dengan cara obyektif ilmiah Sebab Pancasila merupakan suatu paham filsafat, suatu philosophical way of thinking atau philosophical system, sehingga uraiannya wajib logis dan Bisa diterima oleh akal sehat. Dengan mempelajari dan memahami Pancasila dengan cara benar, maka kita akan Bisa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita, maksudnya merupakan kita Bisa memanfaatkan atau mengamalkan sesuatu yang benar yang telah kita ketahui dengan sebenar-benarnya untuk kepentingan kita atau kepentingan orag lain.

Pancasila yang benar itu kita amalkan sesuai dengan fungsinya dan setelah itu Pancasila yang benar itu kita amankan supaya jiwa dan semangatnya, perumusan dan sistematikanya yang sudah tepat benar itu tidak diubah-ubah apalagi dihapuskan atau diganti dengan paham lain. Hal tersebutlah yang dimaksud dengan mengamankan Pancasila.


Sebab Pancasila merupakan dasar negara, maka mengamalkan dan mengamankan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai sifat imperatif atau memaksa, artinya setiap warga negara Indonesia wajib tunduk atau taat kepadanya. Siapa aja yang melanggar Pancasila sebagai dasar negara wajib ditindak menurut hukum, yaitu hukum yang berlaku di negara Indonesia. Atau dengan Perkataan lain, pengamalan dan Aplikasi Pancasila sebagai dasar negara disertai sanksi-sanksi hukum.

Sedangkan pengamalan dan Aplikasi Pancasila sebagai Weltanschauung, yaitu Aplikasi Pancasila dalam hidup sehari-hari tidak disertai sanksi hukum, akan tetapi mempunyai sifat mengikat, maksudnya setiap manusia Indonesia terikat dalam cita-cita yang terkandung di dalamnya untuk mewujudkan dalam hidup dan kehidupannya, sepanjang tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon