Pengertian dan Kegunaan Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Yang wajib Kita Tau

Tags

Pengetahuan Fundamental mengenai materi Pengertian dan Kegunaan Konsep Dasar Ilmu Ekonomi, bila setiap warga negeri wajib mempunyai kemampuan pemahaman seputar pembahasan ekonomi, hal ini erat kaitannya dengan perkembangan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. wajib dicatat bahwa gaji lulusan ekonomi termasuk yang tertinggi dari disiplin apapun. Ekonomi mengajarkan bagaimana membuat keputusan yang tepat. Ini mengajarkan kita bagaimana Tutorial membuat pilihan, yang sangat penting dalam bisnis.

Pengertian dan Kegunaan Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi yaitu suatu bidang ilmu pengetahuan yang berkembang sejak beberapa abad yang lalu. Perkembangannya sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan bermula setelah Adam Smith, di tahun 1776 menerbitkan buku yang berjudul : “An Inquiry into the Nature in addition to Causes of the Wealth of Nations”. Beberapa Sudut Pandang dalam buku ini masih tetap mendapat sokongan dalam pemikiran ahli-ahli ekonomi yang ada saat ini. Adam Smith boleh dipandang sebagai “bapak dari ilmu ekonomi”.
http://3.bp.blogspot.com/-4NibyuTvnng/VjYYJg0B_nI/AAAAAAAAAJg/-TBd1IHt9F4/s1600/Ilmu%2Bekonomi%2B2.jpg
http://3.bp.blogspot.com
Sebelum masa Adam Smith sudah banyak pemikiran-pemikiran yang dikemukakan mengenai persoalan-persoalan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, akan tetapi tulisan-tulisan tersebut tidak dikemukakan dengan cara sistematis, dan belum memuat analisis yang menyeluruh terhadap berbagai aspek kegiatan ekonomi. Sehingga pemikiran-pemikiran ekonomi tersebut belum Bisa dianggap sebagai ilmu/cabang ilmu yang berdiri sendiri.

Dua abad setelah zamannya Adam Smith, kegiatan perekonomian telah berkembang sangat pesat. di saat ini kegiatan industri sudah sangat canggih, dan tekonologi yang digunakan sudah sangat berbeda dengan yang terdapat di zamannya Adam Smith. Begitu juga organisasi perusahaan sudah jauh lebih kompleks dan sistem kegiatan memproduksi sudah jauh lebih rumit daripada masa Adam Smith. Pola kegiatan perekonomian negara dengan cara keseluruhannya juga sudah sangat berbeda.
Sehingga di saat ini analisis dalam ilmu ekonomi/teori ekonomi menjadi lebih komplek dan wajib Bisa memberi Citra yang lebih lengkap mengenai kegiatan ekonomi.
http://nadiyah201311208.weblog.esaunggul.ac.id
Teori ekonomi/ilmu ekonomi itu dipelajari untuk dijadikan rujukan atau acuan didalam memahami dan memecahkan masalah ekonomi. Munculnya masalah ekonomi tersebut Sebab adanya ketidak seimbangan antara sumberdaya ekonomi yang tersedia, dengan keinginan dan kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi dengan memakai sumberdaya ekonomi tersebut. Kebutuhan dan keinginan manusia sifatnya tak terbatas(bagus jumlah ataupun jenisnya), sedangkan sumberdaya ekonomi terbatas jumlahnya(langka/scare).

Berdasarkan permasalahan ekonomi tersebut, maka ilmu ekonomi kiranya Bisa didefinisikan sbb : “ Ilmu Ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengalokasikan penggunaan sumberdaya ekonomi yang terbatas(langka) untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas jumlahnya, dengan cara optimal”.
https://idadwiw.files.wordpress.com/2012/05/ekonomi-dunia.jpg
https://idadwiw.files.wordpress.com
Profesor P. A. Samuelon, salah seorang ahli ekonomi yang terkemuka di dunia yang menerima hadiah Nobel untuk ilmu ekonomi di tahun 1970,  membagikan definisi ilmu ekonomi dengan cara berikut :
Ilmu ekonomi yaitu suatu bidang mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan memakai sumber-sumber daya yang terbatas – akan tetapi Bisa digunakan dalam berbagai Tutorial – untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

 Kegunaan Teori Ekonomi.

Berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi yang tersurat dalam definisi ilmu ekonomi diatas, ternyata ilmu ekonomi itu tidak hanya bermanfaat untuk para ahli ekonomi aja, akan tetapi juga untuk semua orang. Semua orang membutuhkan pemahaman prinsip-prinsip ekonomi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian ilmu ekonomi ilmu ekonomi wajib dipelajari oleh semua orang.
Prinsip ekonomi yaitu suatu prinsip yang menyatakan” dengan sejumlah pengorbanan(biaya) tertentu diperoleh hasil(output) yang maksimum, atau untuk memperoleh sejumlah output tertentu dikeluarkan biaya yang minimal”
http://1.bp.blogspot.com/-UX_zohD9IaE/Vj7HHylz68I/AAAAAAAAGTk/-dsvJ3KvsZE/s320/Ekonomi.jpg
http://1.bp.blogspot.com

Pengkajian dan pengembangan teori ekonomi itu dipengaruhi oleh dua kerangka pemikiran yaitu tradisional dan radikal. Kerangka pemikiran tradisional mendasarkan diri di gagasan Adam Smith, yang juga dikenal sebagai mazhab Klasik. Aliran ini menekankan di pentingnya kepemilikan pribadi, kebebasan bertindak di pasar, dan pentingnya peranan mekanisme pasar dalam pengambilan keputusan.

Seratus tahun setelah Adam Smith (Klasik), dikenal pula aliran Neo-Klasik yang merupakan perkembangan dalam bentuk modern mazhab Klasik. Mazhab Neo-Klasik menekankan bahwa kegiatan ekonomi setiap agen ekonomi dalam masyarakat mempunyai tujuan untuk mengoptimumkan pencapaian keuntungan.

Kerangka pemikiran yang kedua bertolak dari buku Karl Max yang berjudul Das Kapital yang terbit tahun 1848, yang setelah itu dikenal sebagai aliran radikal kiri.


EmoticonEmoticon