Ato Basahona Share

follow us

Pendapat Adam Smith Mengenai Ekonomi Yang wajib Kita Baca

inti Fundamental dari materi Pendapat Adam Smith Mengenai Ekonomi, bahwa setiap warga negara wajib mempunyai kepahaman seputar pembahasan ekonomi, hal ini dikarenakan dengan kemajuan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. wajib dicatat bahwa gaji lulusan ekonomi termasuk yang tertinggi dari disiplin apapun. Ekonomi mengajarkan bagaimana membuat keputusan yang tepat. Ini mengajarkan kita bagaimana Tips membuat pilihan, yang sangat penting dalam bisnis.

Pendapat Adam Smith Mengenai Ekonomi

Seorang ahli filsuf berkebangsaan Skotlandia ini mempunyai nama asli John Adam Smith atau lebih dikenal dengan nama Adam Smith. Buku pertama yang ia terbitkan berjudul, Theory of Moral Sentiments lalu Bukunya yang berjudul “An Inquiry into the Nature along with Causes of the Wealth of Nations” yang setelah itu disingkat “The Wealth of Nations” membuatnya mendapat gelar sebagai Bapak Ilmu Ekonomi dunia. Buku yang terbit tahun 1776 ini menerangkan sejarah laju industri dan ekonomi Eropa dan menjadi dasar mengenai globalisasi yang erat hubungannya dengan kapitalisme.

Pikiran utama The Wealth of Nations ialah globalisasi yang bergeliat menurut kondisi pasar dimana ia berpedoman bahwa dengan sendirinya Bisa menghasilkan komoditi yang dibutuhkan masyarakat konsumen bnaik dengan cara jumlah ataupun kualitas produk. Dalam kasusnya ia melihat saat stokproduk yang sedang menjadi tren justru menurun,maka dengan cara otomatis harga produk tersebut yang beredar dipasaran akan terkoreksi  setelah itu hal ini akan memberi keuntungan kepada siapapun yang memproduksinya. dikarenakan laba yang mengiurkan maka orang lainpun ikut memproduksi produk yang sedang dicari itu. Hal ini berakibat memperbaiki persediaan produk yang dimaksud. Sehingga di akhirnya harga produk tersebut akan kembali normal lagi. Menurutnya roda ekonomi itu tadi tidak ada yang memperbaikinya, tapi keadaan tersebut akan teratasi dengan sendirinya.

Menurut Adam Smith, dengan cara sistematis ilmu ekonomi mempelajari perilaku upaya manusia untuk mengatur sedemikian rupa sumber daya yang ada dan terbatas sehingga Bisa mencapai tujuan tertentu. Hal inilah yang setelah itu menjadi dasar atas teori ekonomi klasik. Mahaguru di Universitas Glasgow (1751-1764) ini juga dianggap menjadi salah satu tokoh sistem ekonomi kapitalisme. Dalam karyanya, Adam Smith sering memakai Perkataan-Perkataan  nilai (value), Hartah (welfare) dan utilitas (utility. Teorinya yang terkenal lainnya merupakan teori ekonomi "laissez-faire".

Pria yang meninggal di usia 67 tahun ini mengemukakan bahwa seharusnya manfaat kepada masyarakat luas juga dirasakan dari aktifitas ekonomi seseorang yang berkepentingan pribadi sekalipun. Lalu muncullah istilah invisible hand  (tangan tak terlihat) dimana globalisasi mempunyai sistem untuk mengoreksi keadaan yang tidak sehat. Kerana dampak dari pasar bebas ialah kemaslahatan untuk semua lapisan masyarakat.

Dalam kontribusinya di ekonomi dunia tokoh yang lahir di kota Kirkcaldy, Skotlandia, tahun 1723 ini juga mencetuskan metode meritokrasi. merupakan mekanisme yang dipakai instansi terkait untuk memilih individu yang tepat sesuai kemampuan atau bakatnya guna memikul tanggung jawab yang diberikan. Istilah ini disebut-sebut sebagai cambuk supaya manusia berusaha memperbaiki dirinya menjadi lebih bagus lagi dari waktu ke waktu. Selain itu sistem ini juga mengupayakan terjadinya spesialisasi dan efisiensi dalam ekonomi. Ekonom lulusan dari Universitas Oxford ini berada di peringkat 30 di Daftar orang paling berpengaruh - karya Michael H. Hart.

You Might Also Like: