Mengetahui Berbagai Macam Kebutuhan Manusia Yang wajib Kita Ketahui

Tags

Hal Fundamental mengenai materi Mengetahui Berbagai Macam Kebutuhan Manusia, bila setiap warga negeri wajib mempunyai kepahaman seputar pembahasan ekonomi, hal ini dikarenakan dengan perkembangan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. wajib dicatat bahwa gaji lulusan ekonomi termasuk yang tertinggi dari disiplin apapun. Ekonomi mengajarkan bagaimana membuat keputusan yang tepat. Ini mengajarkan kita bagaimana Tutorial membuat pilihan, yang sangat penting dalam bisnis.

Mengetahui Berbagai Macam Kebutuhan Manusia

bila membahas mengenai kebutuhan manusia, maka tak lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Dan dengan makin berkembangnya peradaban, membuat daftar kebutuhan manusia semakin kompleks. Sebelum lebih jauh membicarankan topik kita kali ini ada baiknya kita mengenal dahulu pengertian kebutuhan. Jadi kebutuhan merupakan keperluan yang ada dengan cara naluriah terhadap benda ataupun jasa guna keberlangsungan hidup. 

Disadari atau tidak kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa alasan mengapa tidak terbatas antara lain bertambahnya jumlah manusia, majunya peradapan manusia dan terakhir merupakan kembali ke sifat manusia itu sendiri yang tidak pernah merasa puas.

Kebutuhan manusia digolongkan menjadi beberapa kelompok bagian, yaitu :

Kebutuhan Manusia Menurut Tingkat Kepentingannya


1. Kebutuhan Primer
merupakan kebutuhan alamiah yang wajib dipenuhi demi kelangsungan hidup. Misalnya: sandang, pangan, papan.

2. Kebutuhan Sekunder
Merupakan kebutuhan pelengkap setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini sifatnya Bisa ditunda. Contoh kebutuhan sekunder bersifat relative dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi social, geografi, tingkat ekonomi dan lain-lain Misalnya sepeda, telepon seluler dan lain-lain.

3. Kebutuhan Tersier
merupakan kebutuhan Bisa dinikmati oleh sebagian orang dengan kategori tertentu misalnya kaya, raja dll.. Contoh: villa, mobil mewah, perhiasan.dan lain-lain

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Dari Segi Waktu Pemenuhan

1. Kebutuhan Sekarang
Ialah kebutuhan yang sangat penting dan tidak Bisa ditunda dimana wajib dipenuhi saat itu juga. Misalnya makan di waktu perut lapar, obat saat badan sakit, dan lain sebagainya 

2. Kebutuhan Yang Akan Datang
Merupakan kebutuhan manusia yang tidak wajib dipenuhi saat ini dan Bisa ditunda di waktu yang akan datang. Contoh: pergi bertamasya bersama keluarga yang Bisa ditunda hingga dana tabungan mencukupi.

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

1. Kebutuhan jasmani
kebutuhan jasmani atau badaniah merupakan kebutuhan yang bersifat jasmani supaya Bisa berfungsi dengan bagus. Misalnya minum saat haus, tidur saat telah merasakan kantuk.

2. Kebutuhan rohani
Merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan rohani. Misalkan siraman rohani dalam kehidupan beragama, rekreasi setelah menjalankan aktifitas selama jangka waktu tertentu dan lain-lain.
  

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

1. Kebutuhan Pribadi
Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya berdasarkan kepentingan individu terkait. Contoh: alat pancing yang digunakan untuk kebutuhan memancing, alat tulis sebagai sarana belajar-mengajar. 

2. Kebutuhan Sosial
kebutuhan social ialah kebutuhan yang erat dengan kehidupan sosial. Contohnya para  murid membutuhkan kelas untuk mereka belajar,

Sebab kebutuhan bersifat tidak terbatas seperti yang diuraikan diatas maka menusia dihadapkan oleh kondisi kelangkaan yang sewaktu-waktu akan menghantui. Ditambah kebutuhan yang dikejar oleh manusia bersifat terbatas dan tak kekal. Kelangkaan akan membuat harga kebutuhan menjadi naik, sedangkan asas ekonomi menyebutkan bahwa semakin langka kebutuhan maka semakin tinggi peminatnya.


EmoticonEmoticon