Mengenal Sistem Ekonomi Kapitalisme Yang wajib Kita Baca

Tags

inti Fundamental mengenai materi Mengenal Sistem Ekonomi Kapitalisme, bahwa setiap warga negeri wajib mempunyai kemampuan pemahaman seputar pembahasan ekonomi, hal ini dikarenakan dengan perkembangan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. wajib dicatat bahwa gaji lulusan ekonomi termasuk yang tertinggi dari disiplin apapun. Penelitian yang berbeda cenderung menemukan nilai gaji lulusan ekonomi cukup dibayar dengan bagus. Kemampuan ilmu ekonomi misalnya pengambilan keputusan: apa yang wajib dilakukan pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran

Mengenal Sistem Ekonomi Kapitalisme

Sejarah Sistem Ekonomi Kapitalisme

Sejarah kapitalisme dimulai dari paham liberalisme yang berkembang di tahun 1648. Hal ini ditandai dengan perjanjian Westphalia di Eropa yang mengakhiri perang tiga puluh tahun antara Katolik dan Protestan. Sistem ini menerangkan bahwa negara merdeka ialah berdasarkan kedaulatan rakyat serta menampik ppengaruh otoritas politik Gereja Katolik Roma beserta pemeimpinnya Paus. Sejak sistem ini diberlakukan negara menjadi pengendali utama kehidupan manusia, sementara geraja dan agama hanya sebatas perilaku di dalam gereja.

Lalu paham rasionalisme semakin menjadikan sistem kapitalisme semakin kuat dimana ini berpendapat bahwa segala sesuatu bila diterangkan dengan rasional maka hal tersebut Bisa dibuktikan dengan cara komprehensif yang kemudia berkembangnya paham bahwa manusia sendirilah yang berhak mengatur hidupnya sehingga kebebasan dalam menganut kepercayaan, mengemukakan pendapat dan kebebasan hak milik sangat dijunjung tinggi. Berasal dari kebebasan hak milik inilah setelah itu muncul sistem ekonomi kapitalisme.

Definisi Sistem Ekonomi Kapitalisme

Kapitalisme merupakan sistem ekonomi dan sosial dimana pengerukan Hartah individu tanpa adanya campur tangan dari pihak manapun. Individu di sini tak melulu dimaksud kepada perseorangan namun juga termasuk sekumpulan individu. Roda ekonomi di sistem ini dijalankan oleh oleh kekuasaan pengendali pasar. Sistem ekonomi yang berpatokan kapitalisme melebarkan jembatan pemisah antara kaya dengan yang miskin. Sistem yang bertentangan dengan ideologi ini ialah komunisme dan sosialisme. Negara Amerika Serikat merupakan salah satu contoh negara yang menganut sistem ekonomi kapitalisme. Walaupun mereka berdalih bahwa sistem yang digunakan merupakan gabungan dari dua sistem yaitu kapitalisme dan sosialisme). Namun di realisasinya sangat terlihat.

Seorang ekonom yang bernama Joseph A. Schumpeter, mengungkap bahwa terdapat istilah ‘sistem destruksi kreatif’. dengan cara singkat diartikan setiap perusahaan bagus besar ataupun pasar kecil  wajib diadakan restrukturisasi supaya terus terciptanya sinergi. Yang dimaksud disini ialah dengan selalu mengadakan pergantian pekerja dan pergantian modal kearah lebih bagus lagi supaya menjadikan perusahaan lebih maju dari waktu ke waktu.

Awalnya sistem ini terlihat menjadi solusi ekonomi global yang dihadapi tiap negara di dunia. Namun ternyata. Namun ternyata dampak dari Empiris kehidupan yang menghadirkan perspektif dimana yang kaya semakin berjaya dan si miskin makin sengsara. Belum selesai disitu, Hakikat bahwa semakin tinggi tingkat kriminalitas, pengangguran dan aksi anarki juga disinyalir menjadi pemici sistem ini diterapkan.

Disini juga akan membahas ciri-ciri kapitalisme yang wajib diketahui dalam kehidupan sehari-hari. bila diringkas maka terdapat beberapa ciri-ciri sistem okonomi kapitalis yaitu :
  1. Individu mempunyai sebanyak-banyaknya sarana produksi dan distribusi.
  2. Lahirnya sifat kompetitif antara barang dan jasa yang diperjualbelikan.
  3. Pemilik modal Bisa menghalakan segala Tips demi mengoptimalkan persentase keuntungannya. bagus dengan mendayagunakan sumber produksi ataupun SDM. Maka dari itu investasi di modal kapitalis bertujuan untuk mendatangkan laba sebanyak mungkin.
  4. Transaksi merupakan babak penentu perilaku ekonomi dengan cara bebas..
  5. Pemerintah diusahakan seminimal mungkin menjalankan pengawaasan dan campur tangan pemerintah. Dan dalam kondisi tertentu maka peraturan guna melindungi Aplikasi sistem kapitalisme akan dikeluarkan.
  6. supaya Bisa mendorong persaingan dibutuhkan riset yang menempati posisi penting.



EmoticonEmoticon