mengenai Badan Penanaman Modal Yang wajib Kita Baca

Tags

inti Fundamental dari materi mengenai Badan Penanaman Modal, bila setiap masyarakat negara wajib mempunyai kepahaman seputar materi ekonomi, hal ini erat kaitannya dengan perkembangan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. Misalnya, karir paling populer yang Bisa dikejar kebanyakan dengan gelar ekonomi. Ekonomi mengajarkan bagaimana membuat keputusan yang tepat. Ini mengajarkan kita bagaimana Tips membuat pilihan, yang sangat penting dalam bisnis.

mengenai Badan Penanaman Modal

di dasarnya roda ekonomi suatu negara bergantung di investasi atau penanaman modal yang diperoleh dari dalam ataupun luar negeri. bila keadaan politik, keamanan dan ekonomi suatu negara dinilai cukup kondusif, maka itu akan menjadi daya tarik untuk calon investor. Karenanya biasanya pemerintah berupaya supaya terciptanya peluang investasi yang dilakukan oleh para investor di Negara tersebut. Tentu aja bertujuan untuk  melonjakkan kesejahteraan ekonomi penduduknya. supaya kegiatan investasi ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka dibentuklah suatu Forum yang disebut Badan Penanaman Modal oleh pemerintah. Forum menggantikan Panitia Teknis Penanaman Modal yang didirikan sebelumnya di tahun 1968.

Badan Penanaman Modal merupakan suatu lemabaga dibawah pemerintah yang dibentuk dibawah Kementrian Perdagangan dan Industri. Tugas dari Forum ini ialah mengurusi dan mengawasi kebijakan pemerintah di sektor penanaman modal atau investasi yang dilakukan di wilayah negara Indonesia bagus dari luar ataupun dalam negeri. setelah itu tiap daerah juga mempunyai Badan Penanaman Modal Daerah sendiri Sebab ditetapkannya otonomi daerah. 

Disamping menjalankan perannya diatas, Badan Penanaman Modal juga bertugas untuk menguatkan kondisi investasi sehingga Bisa menarik para investor. Maka dari itu Forum yang didirikan tahun 1973 erat hubungannya dengan Departemen Perdagangan serta BPEN (Badan Pengembangan Eksport Nasional) sebab tugas lainnya ialah mengenalkan kelebihan kondisi negara / wilayah guna mendapat perhatian investor. Badan Penanaman Modal menjadi wadah semua bentuk investasi disegala sektor, serta peraturan sektoral potensi ekonomi di Indonesia.

Bentuk badan usaha untuk penanam modal di Indonesia berdasarkan ketentuan pasal 5 UU No.25 Tahun 2007 merupakan sebagai berikut :
  1. Untuk penanam modal Dalam negeri dilakukan dalam bentuk badan usaha berbadan hokum atau usaha perorangan.
  2. Untuk penanam modal asing dilakukan dalam bentuk perseroan terbatas berdasarkan hokum Indonesia dan berkedudukan diwilayah Republik Indonesia.
  3. Untuk penanam modal Dalam negeri dan Untuk penanam modal asing yang berbentuk perserroan terbatas dilakukan dengan :
  • Pengambilan bagian saham    di saat pendirian perseroan terbatas
  • Membeli saham
  • menjalankan Tips lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Penanaman modal asing wajib didirikan dalam bentuk Perseroan Terbatas dan berdomisili di Indonesia. Pendiri dan pengesahannya dilakukan sesuai dengan ketentuan UU No.40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas. Selain itu diperlukan juga kejelasan kewarganegaraan pendirinya. untuk perusahaan penanam modal yang akan menjalankan kegiatan usaha wajib memperoleh izin sesuai dengan perundang-undangan yang didapat memalui pelayanan terpadu satu pintu. Pelayanan ini bertujuan untuk membantu kemudahan pelayanan perizinan, fasilitas fiskal, dan informasi mengenai penanaman modal. Dengan diberlakukannya system pelayanannya ini, diharapkan akan Bisa menjadi solusi investor dan pihak-pihak terkait sehingga terciptanya keadaan yang kondusif.


EmoticonEmoticon