Ato Basahona Share

follow us

7 Makanan Ekstrim Khas Indonesia

Ragam makanan atau kuliner selalu menjadi makna tersendiri bagi para pecintanya sudah pasti para pecinta makanan akan memburu makanan yang unik dan sedap. Tak selalu makanan biasa yang kerap dijumpai di beberapa tempat makan ekstrem yang terbuat dari bahan yang tidak lazim ini pun mampu menarik minat orang untuk mencobanya. Terlebih makanan ini merupakan makanan khas yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Inilah 7 Makanan Ekstrem Khas Indonesia :
1.    Ulat Sagu Khas Papua
Papua menyimpan berbagai keunikan mulai dari keindahan alamnya, budaya, adat istiadat dan tak ketinggalan kulinernya. Jika anda berkunjung ke Papua jangan lupa mencicipi kuliner unik yang satu ini yaitu ulat sagu. Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat anda geli ya..., warga mengambil ulat sagu ini dari pohon-pohon sagu di hutan rimba, tapi jangan salah kita tidak akan menemui ulat sagu pada pohon yang masih hidup atau berdiri tegak. Ulat ini hanya ada pada batang pohon sagu yang telah ditebang atau mati. Setelah dibiarkan beberapa hari pohon sagu yang ditebang akan membusuk dan saat itulah akan mulai bermunculan ulat sagu ini. 

7 Makanan Ekstrem Khas Indonesia
Di ujung tubuhnya terdapat tanda merah sebagai kepala, biasanya ulat sagu langsung dimakan mentah sebagai jamu dan obat kuat. Namun, jika anda merasa jijik ulat sagu ini juga biasa dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Makan khas suku Kamoro ini kaya akan kandungan gizi khususnya protein yang sangat baik untuk tubuh. Jadi jika anda berkesampatan mengunjungi tanah Papua jangan lupa untuk mencicipi makan favorit disana ya... yaitu ulat sagu.
2.     Tokek Goreng
Hewan ini memang dicari-cari orang karena dipercaya berhasiat mengobati berbagai macam penyakit, karena itulah harga hewan ini mahal. Apa saja khasiat daging hewan yang dapat kita jumpai di rumah-rumah dan pengkaran ini ? kabarnya daging Tokek bisa menyembuhkan penyakit, khasiat daging tokek dapat dimanfaatkan dalam bentuk makanan atau bubuk dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, asma serta dapat meningkatkan stamina kaum pria. Sebuah tim riset pimpinan Prof. Wang dari Henan University of China pernah melaporkan jika dalam uci klininsnya Tokek menunjukan efek positif terhadap tumor ganas, hal ini seakan semakin menambah minat pecinta kuliner untuk mencicipi tokek goreng.
Terlebih bagi mereka yang menderita penyakit kulit atau asma, mereka percaya keadaan mereka akan jauh lebih baik setelah menkonsumsi Tokek. Apakah anda berani mengkonsumsi Tokek goreng ? hehe
3.    Rujak Cingur Khas Surabaya
Bagi warga Indonesia khususnya penduduk Jawa Timur, rucak cingur merupakan bukan makan yang asing lagi di lidah,rujak yang sering disebut salad Jawa ini memang memiliki cita rasa yang unik terutama bumbu rujak yang berbahan dasar kacang goreng dan Petis.rujak cingur adalah masakan asal kota Surabaya rujak ini sangat mirip dengan rujak ulek atau rujak sayur yaitu rujak yang proses pembuatan bumbunya di ulek sedangkan bahan dasar rujak ini sendiri adalah sayur-mayur yang tentu penuh gizi. Keistimewaan dari Rujak Cingur adalah penambahan bahan cingur pada rujak dalam bahasa Jawa cingur berarti mulut, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi atau kerbau yang direbus dan dicampurkan kedalam hidangan.


4. Sate Biawak
Mungkin bagi sebagian orang mendengar nama makanan ini akan membuat enggan untuk memakannya, akan tetapi lain lagi bagi penggemarnya, nama makanan ini adalah sate Biawak sama halnya seperti sate pada umumnya, sate ini terbuat dari irisan daging kemudian ditusuk dengan bilahan bambu dan cara memasaknya dengan dipanggang di atas bara. Daging umumnya seperti daging kambing dengan tekstru yang lebih kasar jika dibandingkan dengan daging ayam. Biawak sendiri merupakan sebangsa reptil yang hidup di daerah rawa-rawa, dengan tekstur kulit keras yang hampir menyerupai Kamodo. Hanya saja hewan ini berukuran lebih kecil. Soal rasa memang tidak jauh berbeda seperti tidak begitu istimewa, tergantung cara mengolahnya dan bukan tanpa alasan bagi sebagian orang untuk menkonsumsinya, kabarnya daging biawak dipercaya mempunyai khasiat khusus sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutu air, kulit pecah-pecah sampai alergi. Biasanya sate Biawak dihidangkan dengan bumbu kacang, namun ada juga yang dihidangkan dengan bumbu kecap lengkap dengan irisan bawang merah, cabai dan tomat.

5. Sate Ular Kobra di Jakarta
Di Jakarta ada sebuah warung menjual berbagai macam makanan ekstrim berbahan dasar ular. Salah satunya yang terkenal adalah sate ular Kobra. Beberapa orang percaya bahwa daging ular kobra dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit dan alergi. Selain itu daging ular berbisa ini juga dipercaya ampuh meningkatkan stamina pria. Maka tidak heran warung ini selalu ramai dikunjung dengan pembeli yang penasaran akan masakan khasiatnya. Tetapi tentu saja, mengkonsumsi sate ular kobra ini harus sesuai dengan ajaran kepercayaan masing-masing individu karena beberapa Agama mengharamkan daging ini untuk dikonsumsi.

6. Kelelawar Goreng Bumbu Khas Manado
Daging kelelawar disajikan disini diolah sedemikian rupa sehingga tidak tidak mengeluarkan bau busuk. Seorang penjual makanan ini menuturkan bahwa memiliki tips khusus untuk menghilangkan bau busuk pada kelelawar yaitu daging kelelawar yang akan dimasak harus dipisahkan antara badan dan sayapnya terlebih dahulu, kemudian kemudian dikuliti hingga kulitnya terlepas sempurna selanjutnya daging kelelawar direbus dengan bumbu jahe dan laos makanan ekstrim ini sangat diminati berbagai kalangan karena mereka mempercayai khasiat dari daging hewan ini. Selain rasanya yang gurih dan renyah kelelawar goreng ini juga dipercayai memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asma, gatal-gatal atau alergi pada kulit hingga menjaga stamina pria dan wanita.

7. Rempeyek Laron Khas Jogjakarta

Anda tahu hewan yang suka beterbangan setelah hujan atau berkerumun dilampu dekat rumah ? Hewan ini adalah Laron. Di Jokjakarta khususnya di daerah pedesaan, laron dimanfaatkan sebagai santapan lezat dan bergizi tinggi. Ini dilakukan karena laron dipercaya kaya akan protein. Laron ini dapat dimasak menjadi berbagai macam olahan makanan seperti telur dadar laron dan rempeyek laron.
Cara pembuatan rempeye Laron ini hampir sama dengan membuat rempeye kacang maupun rempeye kedelai atau rempeye teri. Bagi penggemar makanan ini pasti akan mengatakan lezat dan gurih tetapi bagi orang yang belum terbiasa atau orang yang tidak suka mungkin akan merasa jijik bahkan merasa tidak tega. Faktanya rempeye laron ini digemari beberapa orang. Apakah anda salah satu penggemarnya ?

You Might Also Like: