Rahasia 39 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami Yang Wajib Anda Tau

39 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Pada artikel kali ini akan membahas Dedaunan obat dan khasiatnya. Pasti kita sadari bila daun mempunyai peran yang sangat penting untuk kehidupan di dunia ini. Pemanasan global juga menjadi faktor mengapa daun itu sangat penting keberadaannya di muka bumi. Termasuk juga Dedaunan rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris ini. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis Dedaunan obat yang tersebar di berbagai daerah. Masing-masing daerah mempunyai resep tersendiri dalam mengolah Dedaunan herbal menjadi obat. Tapi memanfaatkan obat alami tentu akan meminimalisir Imbas samping dari obat yang dikonsumsi. Menurut penelitian memaparkan bila daerah yang mempunyai cuaca sangat Hangat bila ditanami daun akan menjadi sejuk dengan cara bertahap. Hal ini membuat daerah menjadi lebih sejuk. Selain itu, dengan mengetahui beraneka Dedaunan obat yang bermanfaat mengobati penyakit akan menghilangkan ketergantungan Anda pada obat-obatan kimia. Di ulasan ini ada beberapa Dedaunan obat dan manfaat yang dimiliki untuk mengobati penyakit.
 
Manfaat Daun Dewa - Daun dewa tentu sudah Barbar terdengar asing lagi di telinga kita. Flora daun dewa sendiri biasanya ada di dalam jajaran Flora obat keluarga atau Toga. Flora daun dewa mempunyai khasiat yang sangat luar biasa.
 
Ada banyak manfaat daun dewa, sebelum kita ulas apa aja manfaatnya, ada baiknya kalau kita berkenalan terlebih dahulu. Nama Latin tanamamn dewa sendiri yaitu gynura divaricata dan masuk ke dalam keluarga Compositae. Flora ini biasanya Bisa tumbuh pada ketinggian 0 hingga 800 mdpl. Flora dewa mempunyai nama yang Bhineka pada beberapa daerah, misal Ngokilo, sambung nyawa ( masyarakat Jawa), daun dewa (Jawa Tengah), San qi cao (China).

Kandungan Senyawa Daun Dewa

Manfaat daun dewa tentu aja Barbar terlepas dari kandungan senyawa di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan senyawa di dalam Flora daun dewa:
    • saponin
    • minyak astiri
    • flavonoid
    • tannin
    • vanilat
    • polifenol
    • asam klorogenat
    • asam p-kumarat
    • asam p-hidroksi benzoate
    • alkaloid, triterpenoid
    • sterol
    • Vitamin K.
Berikut ini beberapa gambar daun dewa:
Manfaat daun dewa
Manfaat daun dewa

 
Manfaat daun dewa

Manfaat daun dewa

Biasanya daun dewa ini Bisa dipanen setelah memasuki usian 6 - 8 bulan. Nah, sekarang mari kita kupas apa aja manfaat daun dewa untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini beberapa manfaat daun dewa untuk kesehatan dan kecantikan yang sukses Manfaatdaunan rangkum untuk anda:

1. Mengobati Stroke

Manfaat daun dewa yang pertama merupakan untuk mengobati stroke. Stroke sendiri terjadi sebab terjadinya penyumbatan darah arteri di otak yang seharusnya bertugas untuk mengalirkan darah ke otak. Anda Bisa memakai daun dewa untuk mengobati stroke. Caranya yaitu:
    • Pertama sediakan daun dewa secukupnya, tambahkan biji ginko dan madu secukupnya lalu tumbuk.
    • Peras dan ambil sarinya. Minum sarinya tersebut.
    • Atau anda juga Bisa memasukkan hasil tumbukan umbi dan biji ginko tersebut ke dalam kapsul, lalu mengkonsumsinya dengan cara rutin selama 1 hingga 2 bulan.
    • Bisa juga dengan minum ramuan dari hasil rebusan bagian daun Flora ini dengan cara teratur sebanyak 2 kali sehari.

2. Mengobati rematik

Selain Bisa mengobati stroke, manfaat daun dewa yang luar biasa selanjutnya merupakan untuk mengobati rematik. Penyakit nyeri pada persendian ini banyak dialami oleh mereka yang sudah menginjak usia di atas 50 tahun.
Untuk pengobatan masalah ini Bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan bagian daun Flora daun dewa. Atau Bisa juga rebusan daun Flora ini yang dicampur dengan jahe merah, serta akar sawi langit.

3. Mengobati Diabetes

Anda menderia diabetes? Sebamkin hari penderita diabetes semakin banyak, mengingat pola makan dan pola hidup masyarakat semakin Barbar sehat sertacenderung serba instant. Parahnya lagi, penyakit kencing manis ini Bisa dirurunkan.
Nah, sifat hipoglikemin yang ada dalam daun dewa, terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut. Caranya merupakan dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan daun Flora daun dewa minimal 1 kali dalam sehari.

4. Mengobati sakit jantung

Manfaat daun dewa selanjutnya merupakan untuk mengobati penyakit jantung. Sebagaimana yang kita ketahui, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung sendiri dikarenakan oleh terhentinya Genre darah ke jantung meskipun hanya sesaat. Faktor penyebabnya Bisa sebab pecandu rokok, alkohol, obesitas, Anemia istirahat, ataupun Anemia gerak (olah raga). Salah satu cara alami untuk menurunkan resiko penyakit ini merupakan dengan rutin mengkonsumsi ramuan umbi daun dewa yang telah ditumbuk dan diseduh dengan air setiap sore hari.

5. Mengobati hipertensi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi juga Bisa diobati dengan ramuan daun dewa. Daun dewa mempunyai kandungan sifat hipotesif, yaitu Bisa menurunkan tekanan darah. Caranya merupakan dengan minum hasil rebusan beberapa lembar daun Flora daun dewa sebanyak 2 kali sehari setelah makan. Atau Bisa juga digunakan sebagai lalapan.

6. Mengobati kanker

Daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker. Caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi ramuan atau hasil rebusan daun Flora dewa yang dicampur dengan temu putih serta jombang.

7. Mengobati perdarahan atau pembengkakan payudara

Rasa nyeri atau linu di payudara juga Bisa diatasi dengan memakai herbal daun dewa. Biasnaya rasa nyeri pada payudara Bisa dikarenakan oleh pubertas, menstruasi, kehamilan, menyusui, menopause, ataupun sebab pemakaian alat kontrasepsi. Cara pengobatannya cukup sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun Flora daun dewa sebanyak ½ gelas sehari sekali.

8. Mengobati luka

bila anda menjalani luka apakah itu luka bakar atau luka sebab goresan, anda Bisa memanfaatkan daun dewa untuk mengatasinya. Caranya yaitu  tumbuk daun dewa secukupnya, tambah juga gula merah sehingga bentuk tumbukan kedua bahan tersebut membentu salep. 
Nah, anda Bisa memakai salep tersebut untuk luka yang anda alami, setelah itu tutup dengan kain yang Higienis. Selain itu, khasiat dari Flora ini juga Bisa mengobati luka memar. Caranya merupakan dengan cara menerapkan hasil tumbukan beberapa lembar daun Flora daun dewa yang dicampur dengan beberapa lembar daun jarak pada luka memar.

9. Mengobati gigitan binatang buas

bila anda digigit oleh Fauna buas, Cepet aplikasikan herbal yang satu ini. Caranya yaitu ambilah beberapa umbi daun dewa, lalu tumbuk dan terpkan pada luka bekas gigitan. Jangan lupa untuk memakai perban.

10. Mengobati kutil

Kutil? Siapa takut? Anda Bisa mengatasi kutil yang cukup menggangu penampilan ini dengan memakai herbal daun dewa. Caranya yaitu tumbuk beberapa lembar daun dari Flora daun dewa lalu ditempalkan pada kutil dengan Donasi plester. Atau Bisa juga dengan memotong-motong beberapa lebar bagian daun Flora tersebut lalu ditempelkan pada kutil dengan plester sebagai perekatnya.

11. Mengobati ganglion

Daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati ganglion. Ganglio sendiri merupakan Sesuai kista yang biasanya muncul pada tangan atau kaki. Cara mengobati ganglion dengan cara alami merupakan dengan rutin mengkonsumsi daun dewa setiap harinya. Misalnya aja dipakai untuk lalapan.

12. Mengobati batuk dan muntah darah

Batuk dan muntah darah juga Bisa diatasi dengan memakai daun dewa. Caranya yaitu dengan meminum hasil rebusan daun dewa sebanyak 3 kali sehari, dengan cara rutin masing-masing ½ gelas. Hal ini juga Bisa menghentikan perdarahan pada kehamilan.

13. Mengobati kejang pada anak

Saat anak anda menjalani kejang, biasanya terjadi pada saat anak menjalani demam Hangat tinggi, anda jangan panik, gunakan daun dewa untuk meredamnya, caranya yaitu tumbuk batang daun dewa, lalu campurkan sedikit arak dan minumkan pada si anak. 

14. Mengobati demam berdarah

Manfaat daun dewa selanjutnya merupakan untuk mengobati demam berdarah. Penyakit yang ditulaskan oleh nyamuk aedes aegypti ini dikarenakan oleh  virus dengue. Nah, anda Bisa memanfaatkan daun dewa untuk mengobatinya. Caranya minumlah ramuan hasil rebusan bagian daun Flora daun dewa sebanyak 2 kali sehari dengan cara teratur.

15. Mengobati keseleo

Selain Bisa digunakan untuk mengobati luka bakar dan goresan, daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati keseleo. Untuk membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri anda Bisa meminum hasil rebusan bagian daun Flora daun dewa yang dicampur dengan temu hitam dan temu lawak sebanyak 2 kali sehari.

16. Mengobati wasir

Manfaat daun dewa selanjutnya merupakan untuk mengobati wasir atau ambeien. Caranya yaitu rebus daun dewa ditambah daging Flora lidah buaya dan sedikit madu. Namun apabila wasir telah parah, ambil beberapa lembar daun Flora daun dewa, lalu remas untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan ke dalam anus.

17. Mengatasi masalah haid

Eksklusif ntuk wanita yang sering mengalamai masalah saat haid, cobalah untuk memanfaatkan Flora daun dewa untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan meminum hasil rebusan ataupun hasil tumbukan bagian daun Flora herbal ini dengan campuran sedikit arak yang sudah dipanaskan. 

18. Menghilangkan flek hitam pada wajah

Daun dewa juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya yaitu remas daun Flora daun dewa lalu ambil getahnya untuk dioleskan pada bagian yang terkena flek.

19. Mengobati dan Mencegah Kanker Payudara

Selain Bisa membantu mengurangi pembengkakan pada payudara, daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati serta mencegah kanker payudara. Caranya yaitu sediakan:
  • 3—4 lembar daun dewa, cuci Higienis
  • 10 gram sambiloto kering
  • 10 gram keladi tikus kering
  • 20 gram kunir putih kering
  • 5 gelas air (1 liter)
Carnya yaitu:
  1. Konsumsi daun dewa segar sebagai lalapan.
  2. Rebus bahan lain dan air hingga tersari menjadi tiga gelas air.
  3. Minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas. Minum satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

20. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun dewa juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara alami. Sediakan:
  • 10 gram umbi atau buah daun dewa segar, cuci Higienis
  • 1/2 gelas air (100 ml)
Caranya:
  1. Tumbuk bahan hingga halus, tambahkan air. Aduk rata.
  2. Saring ampas umbi, minum ramuan setiap sore

21. Mengatasi Jerawat

Selain Bisa menghilangkan flek hitam di wajah, daun dewa juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang membandel. Sediakan:
  • Daun dewa secukupnya
b. Cara Membuat
  1. Lumatkan daun dewa hingga halus.
  2. Tempelkan ramuan pada bagian jerawat, lalu tutup dengan plester.

22. melonjakkan Imunitas

Manfaat daun dewa selanjutnya merupakan untuk melonjakkan daya tahan tubuh kita dengan cara alami. Hal ini diduga sebab adanya kandungan saponin dan tanin di dalamnya.
Selain sebagai pendongkrak respon imun, menurut Mary Clarke dari Department of Human Nutrition, Kansas State University, saponin yang terdapat dalam sayur dan buah berperan untuk menghambat atau membunuh sel kanker. Begitu juga dengan saponin dalam daun dewa. Hebatnya lagi, saponin Bisa membunuh sel kanker tanpa membahayakan sel normal tubuh.
Info menarik lainnya: 35 Manfaat Daun Alpukat

Manfaat Daun Dewa yang Lainnya: 

Berikut ini beberapa manfaat daun dewa yang lainnya:
  • Membantu menyembuhkan penyakit TBC
  • Menghambat pertumbuhan Kista pada rahim wanita
  • Mengobati pendarahan pasca melahirkan normal
  • Mengobati tulang patah
  • obat pembersih racun dalam tubuh.   
  • Sebagai obat pencegah kanker
  • Membantu meluruhkan urine
  • melancarkan sirkulasi darah.
  • obat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • obat pereda rasa nyeri.
  • obat anti radang
  • obat meluruhkan kencing.
  • obat penurun Hangat.
  • infeksi kerongkongan,
  • Anti Inflamasi (anti radang)
  • Sebagai antikoagulan,
  • mencairkan bekuan darah karena pembengkakan
 
Empat mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pernah mengadakan penelitian pada tahun 2003. Hasilnya, ekstrak daun dewa terbukti Bisa menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker.
 
Idealnya daun dewa untuk kesehatan :
  • Untuk menjaga kesehatan di lalap mentah 3 lembar/hari.
  • Untuk mengobati penyakit di lalap mentah 7 lembar/hari, apabila dimasak cukup 11 lembar daun dewa setiap hari.
Cara pemanfaatannya, antara lain :
  • Daunnya ditumbuk, diperas lalu airnya diminum untuk sakit Hangat dan kejang pada anak.
  • Daun dewa dengan berat sekitar 15 gram, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separonya. Setelah dingin, Dikotomi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang dan sore, masing-masing 1/2 gelas, untuk perdarahan pada perempuan, batuk/muntah darah, dan payudara bengkak, kolesterol tinggi, hipertensi, mencegah tumor, mengobati kencing manis.
  • Untuk pengobatan luar, daun segar atau umbi segar digiling halus lalu tempelkan ke bagian tubuh yang sakit, seperti pembengkakan payudara, memar, bengkak karena tulang patah, wasir, digigit Fauna berbisa, luka bakar, tersiram air Hangat, luka berdarah, bisul, koreng, radang kulit bernanah, borok di kaki, cantengan dan kutil.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Sangat disayangkan kalau Flora yang mempunyai segitu banyak manfaat Barbar kita gunakan dengan cara maksimal.
Itulah beberapa manfaat daun dewa yang wajib anda ketahui, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.


EmoticonEmoticon